9 Tanda Pertengkaran Suami-Istri yang Sehat, Pernikahan Makin Bahagia

2400 views

Pernikahan itu pasti akan merasakan bahagia, sedih, kecewa dan bertengkar dengan pasangan, apalgi saat awal-awal menikah.

Hal seperti itu sudah biasa dan tidak bisa dihindari oleh setiap pasangan suami-istri, namun ada dua pertengkaran didalam pernikahan, yang pertama pertengkaran yang sehat dan yang kedua pertengkaran tidak sehat.

Tidak semua pertengkaran suami-istri bisa membawa kehancuran pada rumah tangga.

Ada beberapa jenis pertengkaran yang justru bisa semakin merekatkan hubungan suami-istri, seperti berikut ini:

1. Tidak Menyudutkan Pasangan
Menurut Vikki Stark dari Sedona Counselling Center, hubungan yang bahagia itu tidak menyerang karakter pasangannya tapi lebih pada karakternya sendiri saat ada masalah.

Contohnya ketika marah, dia akan berkata sejujurkan bahwa dia sedang marah dan tidak berkata kasar atau menghina pasangannya.

Loading...

2. Tidak Pergi Saat Ada Masalah Keluarga
Pasangan yang baik tidak akan pernah kabur meninggalkan rumah saat sedang bertengkar atau ada masalah.

Dia akan jujur pada pasangannya tentang segala hal yang dirasakannya dan mengajak pasangan berdiskusi agar masalah dalam rumah tangga tidak berlarut-larut.

3. Tidak Memotong Percakapan
Ketika beradu argumen saat bertengkar, pasangan yang baik akan mendengarkan terlebih dahulu lalu mengutarakan apa yang ada di dalam hatinya. Tidak saling memotong pembicaraan.

Biasanya suami cendrung bersikap kasar saat bertengkar, namun pasangan yang baik tidak akan melakukan hal demikian.

4. Tidak Memanggil Dengan Panggilan Kasar
Ketika bertengkar tidak memanggil dengan panggilan kasar kepada pasangannya. Tidak peduli seberapa marah dia tidak pernah menyinggung perasaan pasangannya.

5. Tahu Kapan Harus Mengalah
Ketika perdebatan semakin memburuk ia tahu kapan harus mendinginkan kepalanya sehingga ia mau mengalah.

Orang seperti inilah yang bisa menghargai pasangan, dia mengerti kapan harus mengambil jeda untuk sebuah pertengkaran.

6. Memandang Positif Pertengkaran
Berjanji bahwa perdebatan yang terjadi bukan untuk mengetahui mana yang benar dan salah. Cukup dijadikan sebagai cara untuk menemukan solusi dan jalan keluar.

7. Menghargai Perasaan
Meski sama-sama keras kepala, tapi masih tetap menghargai pendapat pasangan dan mengambilnya sebagai solusi (jika benar) untuk mengakhiri pertengkaran.

8. Memberi Alasan yang Jelas
Ketika memiliki pendapat ia tidak hanya mempertahankan, namun juga memberikan alasan yang jelas kenapa tetap bersikeras dengan pendapatnya.

9. Tetap Sadar Saling Membutuhkan
Meski bertengkar hebat namun mereka sama-sama sadar bahwa mereka saling membutuhkan, sehingga tetap berkomitmen untuk terus bersama-sama apapun yang terjadi. [popbela.com]

Tags: #Keluarga Bahagia #Pertengkaran Baik #Suami-Istri Bertengkar