Agar Harta Menjadi Berkah Lakukan 5 Amalan Ini

190 views

Harta dan kekayaan hanya titipan. Allah memberikan pada manusia hanya sebagai fasilitas sementara.

Harta yang dititipkan kepada manusia tidaklah sama perorang. Ada yang dititipi dengan jumlah banyak. Dan ada pula yang mendapatkan titipan dengan jumlah kecil.

Dalam Islam, keberkahan harta benda itu tidak ditentukan oleh besaran jumlahnya.

Agar kekayaan menjadi berkah maka pemiliknya harus melakukan amalan-amalan yang sesuai dengan tuntunan Islam, antara lain adalah;

Pertama, Bersyukur
Agar harta yang kita miliki menjajdi berkah maka kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang dikaruniakan kepada kita.

Allah SWT berfirman,

Loading...

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

”Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).

Kedua, Silaturahim
Silaturahimi adalah menyambung persaudaraan antar manusia. Memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia).

Abu Hurairah ra menyampaikan sebuah hadis Nabi SAW yang berkaitan dengan hal ini, ”Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali kekerabatan (silaturahim).” (HR Bukhari).

Ketiga, Menafkahkan di Jalan Allah
Harta yang berkembang itu dipengaruhi oleh faktor kemana harta itu dibelanjakan.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan, Allah Mahaluas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261).

Keempat, Selalu Berbuat Kebaikan
Setiap kelakuan baik akan kembali kepada pelakunya. Dan kebaikan itu akan membuahkan keberkahan dan kebahagiaan.

Dalam Alquran, dijelaskan,

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

”Jika kamu berbuat baik, (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu.” (QS Al-Isra’: 7).

Kelima, Berzakat dan Bersedekah
Zakat dan sedekah dapat membersihkan harta sebab di dalamnya ada hak orang lain.

Allah berfirman,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu, kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka.

Sesungguhnya, doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Attaubah: 103).

Tags: #Harta Berkah #Harta Titipan #Titipan Allah