Al-Qur’an dan Hadits Memerintahkan Berkurban Bagi yang Punya Kelapangan Rezeki

341 views

Berkurban merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah Ta’ala. Sangat banyak dalil dan hadits Nabi SAW yang mmerintahkan agar berkurban.

Dalam Mazhab Syafi’i,berkurban hukumnya Sunnah Mu’akkadah. Dan jika dilakukan mendapatkan pahala di sisi Allah, jika tidak dilakukan pun tidak akan berdosa.

Dalam Kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, Imam an-Nawawi (wafat 676 H) menyebutkan bahwa ibadah kurban lebih baik dari pada sedekah sunnah.

Dan orang yang tidak berkurban jika mempunyai kelapangan rezeki maka mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad SAW.

Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih kurban, janganlah mendekati tempat salat kami”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim mensahihkannya)

Dan Inilah Dalil Perintah untuk melaksanakan ibadah kurban

Loading...

Pertama, Surat al-Kautsar 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

– 108:2

“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan bekurbanlah. (QS. Al-Kautsar: ayat 2)

Kedua,  Hadis Shahih Muslim yang berbunyi:
“Rasulullah SAW menyembelih 2 ekor kambing kibash yang bertanduk, beliau menyembelihnya dengan tangan beliau,

sambil menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di atas pangkal lehernya. (HR. Muslim)

Ketiga, Hadis Shahih riwayat Imam Ahmad dan Imam al-Hakim yang berbunyi:
“Tiga perkara yang bagiku hukumnya fardhu tapi bagi kalian hukumnya tathawwu’ (sunnah), yaitu salat witir, menyembelih udhiyah dan salat dhuha. (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

Ayo kita sisihkan harta berkurban. Harta yang dikeluarkan untuk ibadah kurban insya Allah akan diganti dengan rezeki melimpah oleh Allah Ta’ala.

Tags: #Dalil Berkurban #Hewan Kurban #Perintah Kurban