Al-Qur’an Haramkan Lelaki Beriman Nikahi Wanita Pezina

604 views

Laki-laki beriman haram menikahi wanita pezina. Dialah wanita aktif dengan kegiatan zina.

Dan juga sebaliknya, Alquran juga melarang wanita beriman menikahi laki-laki pezina, Dialah laki-laki yang masih aktif berzina.

Allah berfirman;

الزَّانِي لَا يَنكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنكِحُهَا إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ 

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik;

dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin.” (QS An-Nur: 3).

Dalam buku Halal-Haram Menikahi Wanita Berzina dan Hamil, Ustadzah Aini Aryani memberi penjelasan bahwa riwayat Rasulullah melarang sahabatnya menikahi wanita pezina.

Loading...

An-Nasai menyatakan bahwa Abdillah bin Amr ra berkata, “ada seorang wanita bernama Ummu Mahzul (atau Ummu Mahdun) seorang musafir. Kemudian seorang laki-laki, yaitu sahabat Rasulullah SAW ingin menikahinya. Lalu turunlah ayat yaitu Surah An-Nur Ayat 3.”

Abu Daud, An-Nasai, At-Tirmizy dan Al-Hakim meriwayatkan dari hadits Amru bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya bahwa ada seorang bernama Mirtsad datang ke Makkah dan memiliki seorang teman wanita di Makkah bernama Anaq.

Lalu dia meminta izin pada Rasulullah SAW untuk menikahinya, namun beliau tidak menjawabnya hingga turun ayat ini (QS An-Nur: 3).

“Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, Ya Mirtsad, seorang wanita pezina tidak dinikahi kecuali oleh laki-laki pezina atau laki-laki musyrik dan hal itu diharamkan buat laki-laki mukminin.”

Para mufassirin mengatakan bahwa ayat ini (QS An-Nur:3) bukan hanya bagi Mirtsad bin Abi Mirtsad, namun juga bagi sahabat-sahabat fakir lainnya.

Yakni sahabat yang minta izin pada Rasulullah SAW untuk menikahi wanita pelacur dari kalangan ahli kitab dan budak wanita di kota Madinah, sehingga turunlah ayat ini (QS An-Nur: 3).

Tags: #Laki-Laki Beriman #Wanita Pezina