Al-Qur’an Jelaskan, Ternyata Lalat Lebih Kuasa Dari Orang Musyrik

191 views

Dalam surat Al Hajj ada satu ayat yang menyinggung tentang lalat, yaitu di akhir surat Al Hajj. Allah SWT berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

“Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun,

walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah.” (QS Al Hajj ayat 73).

Ustaz Fahmi Salim  Dalam buku “Tadabbur Qur’an di Akhir Zaman”, menjelaskan, pada ayat itu menerangkan perumpamaan yang sangat mudah dicerna akal perihal  lemahnya manusia dan semua sesembahan yang ditandingan dengan Allah.

Pada ayat tersebut dijelaskan kalau  mereka menyembah sesembahan selain Allah. Mereka tidak akan bisa menciptakan seekor lalat walaupun mereka bersatu padu untuk  menciptakannya.

Loading...

Ustadz Fahmi, menjelaskan bahwa lalat merupakan jenis serangga yang kecil yang dibuat segabai  perumpamaan mengenai lemah dan bodohnya manusia-manusia yang telah menyekutukan Allah.

Itulah bukti betapa kuasanya Allah. Allah  tidak usah membuat contoh perumpaan  yang besar, dari lalat untuk menjealsakn kejahilan dan kehinaan meraka yang syirik pada Allah.

Tags: #Hewan Lalat #Hewan Melata #Makhluk Kecil