Alasan Kenapa Suami Memilih Diam Saat Bertangkar Sama Istri

1021 views

Didalam pernikahan kita tidak bisa menghindari pertengakran. Jika pertengkaran tidak bisa diatasi dengan komunikasi yang baik maka pernikahannya belum tentu bisa diselamatkan. Pertengakran terjadi begitu saja tanpa bisa diantisipasi.

Hal yang paling menjengkelkan ketika bertengkar adalah ketika suami memilih diam dan memibisu. Laki-laki cenderung memilih diam wakau pertangkarannya yang terjadi sudah hebat.

Menurut ahli psikologi dari University of Washington, John Gottman mengatakan, alasan laki-laki diam ketika bertengkar adalah untuk melindungi dirinya dari kondisi stress atau yang disebut dengan flooding.

Pasangan yang bertengkar menjadi tercekik oleh keburukan pasnagan mereka, sehingga mereka merasa sangat kacau dan tidka terkendali.

Deskripsi teknis flooding bisa dilihat dari detak jantung dari tingkat normal. Yang mana momen pembajakan emosi dapat melompat 10, 20, atau bahkan hingga 30 denyut per menit di atas kecepatan jantung normal.

Otor-otot akan mengang dan akan sulit bernafas. Suami lebih mudah merasa terjepit dan berkadar lebih rendah dari pada istrinya.

Loading...

Dibading dengan perempuan, laki-laki lebih merasa kelabakan ketika harus menanggapi kritik dari istrinya.

Ketika laki-laki merasa terjepit maka ia akan mengeluarkan banyak adrenalin ke dalam peredaran darahnya.

Aliran adrenalin itulah yang dirangsang oleh kadar negativitas lebih rendah dari sang istri. Suami pun lebih banyak membutuhkan waktu secara fisik dari flooding.

Kamu Tidak Usah Stres Saat Pasangan Membisu
Penelitian membuktikan bahwa ketika laki-laki memilih diam laju detak jantungnya akan turun menjadi kuran lebih 10 denyut per menit sehingga bisa membuatnya merasa nyaman dan subjektif.

Demi menenangkan dirinya, laki-laki cenderung menjauhi hal yang akan membuatnya konfrontasi, hanya saja perempuan tidak memahami hal ini.

Ketika melihat suami diam dan membisu istri justru malah frustasi dan marah.

Jika istri merasa bingung dengan sikap suami yang membisu ketika bertangkar maka hanya akan membuat masalah baaru dan pertengkaran pun tidak akan terkendali.

Jika suami kita memilih diam ketika bertengkar, alangkah lebih baik kita tidak mengkritiknya. Kita harus berusaha memahami sikapnya sebab sikap diamnya adalah untuk membutanya merasa lebih tenang dan untuk menjernikah pikirannya. [fimela.com]

Tags: #Alasan Kenpa Suami Memilih Diam #Ketika Bertengkar

Author: 
    author