Amalan Bayar Hutang Mendesak, Biar Cepat Lunas

5037 views

Ketika seseorang memiliki hutang maka akan berusaha untuk melunasi hutangnya apalagi jika sudah diancam karena sudah jatuh tempo, maka pada saat itulah waktu yang sangat pas untuk mengamalkan doa bayar hutang. Pada kondisi inilah kita harus pasrah sepenuhnya kepada Allah SWT.

Yang pertama harus kita lakukan adalah bertaubat, kita harus memintaa maaf atas dosa-dosa yang kita lakukan yang menyebabkan hutang.

Meminta maaf kepada orang yang pernah kita zalimi entah keluarga kita atau saudara kita bahkan orang-oang yang kita zalimi selama ini. Karena bisa jadi itulah yang menghambat datangnya rezeki.

Setelah itu kita harus meningkatkan ibadah kita meski waktunya hanya satu hari menjelang pelunasan. Segalanya mudah bagi Allah, Allah maha kaya maka berdoalah meski waktunya sudah tinggal satu hari.

Lebih tingkatkan lagi amal shaleh, mulai dari shalat berjamaah, shalat sunnah, puasa, sedekah dan ajak keluarga melakukan kebaikan tersebut. Rutin membaca Surat Al Waqi’ah, membaca sholawat, membaca istighfar, tadarus Al Quran, membaca asmaul husna dan lain sebagainya.

Beribadahlah karena ingin mendekatkan diri kepada Allah bukan semata-mata ingin melunasi hutang saja. Sehingga dengan mendekatkan diri kepada Allah, hanya meminta kepada Allah dan meminta kepada-Nya.

Loading...

Ada yang mengamalkan asmaul husna dengan lafad Yaa Allaahu Yaa Rahmaan, yang dibaca sebanyak-banyaknya setelah melaksanakan shalat ashar hingga terbenamnya matahari. Ketika adzan maghrib tiba maka segeralah berdoa kepada Allah untuk pelunasan hutang.

Berdoa tidak harus menggunakan bahasa arab, kita bisa menggunakan bahasa kita sendiri. Inilah salah satu doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang harus dibaca ketika memiliki hutang yang mendesak.

الّلهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنَ الهَمِّ وَالْحَزَنِ

ALLAAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL HAMMI WALHAZAN

“Ya Allah saya berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan kesedihan”

وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

WA A’UUDZUBIKA MIN AL’AJZI WALKASAL

“Saya berlindung kepada Engkau dari kelemahan dan kemalasan”

وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالبُخْلِ

WA A’UUDZUBIKA MINAL JUBNI WALBUKHL

“Saya berlindung kepada Engkau dan kepengecutan dan kekikiran”

وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

WA A’UUDZUBIKA MIN GHALABATID DAYNI WA QAHRIRRIJAAL

“Dan saya berlindung kepada Engkau dari himpitan hutang dan paksaan orang”

Jika Allah mengabulkan doa kita maka hendaknya kita harus berhati-hati agar tidak kembali pada masalah yang sama. Jangan sampai terlilit hutang lagi.

Namun jika permintaan kita belum dikabulkan maka kita harus berprasangka baik kepada Allah mungkin karena masih ada banyak doa yang menghalangi doa kita.

Bisa jadi juga karena kita kurang yakin dengan kuasa Allah bahkan bisa jadi kita masih ingin berhutang ketika hutang kita lunas.

Jangan berputus asa dari rahmat Allah meskipun doanya belum dikabulkan karena malah hanya akan menjadi penambah dosa kita kita tidak percaya kepada takdir Allah.

Jangan sampai stres hingga bunuh diri karena mati bukan solusi agar terhindar dari masalah. Sebab jika kita mati dalam keadaan yang mengenaskan maka diakhirat nanti akan mengenaskan juga.

Yang memiliki hutang tidak hanya kita saja, para ustas seperti ustad manysur juga pernah memiliki hutang yang banyak namun berkat beliar pasrah kepada Allah secara total maka hutang-hutangnya bisa terbayarkan.

Beliau juga memberi amalan untuk membayar hutang khususnya dengan cara bersedekah. Contoh AA Gym yang juga mempunyai masalah , ketika itu perusahannya terkena masalah disebabkan karena masalah poligaminya maka untuk itu ia diminta untuk menyedekahkan harta yang beliau punya.

Namun dengan keyakinanya omset beliau pulih bahkan melebihi target dan A Gym pun diterima kembali oleh para jama’ah perempuannya.

Jika berkaca pada mereka, yang memiliki hutang miliaran saja bisa lunas maka jangan ragu bagi yang memiliki hutang yang levelnya hanya sebatas jutaan rupiah. Yakin saja dengan izin Allah hutangnya pasti akan lunas. [bayarhutangmilyaran.blogspot.com]

loading...
loading...

Tags: #Amalan Membayar Hutang #Doa Bayar Hutang #Tips Bayar Hutang