Amalan Hari Jum’at Untuk Wanita Haid

444 views

Hari jum’at adalah hari yang istimewa bagi kita sebagai umat islam. Laki-laki dan perempuan juga sama-sama bisa mengamalkan sunnah di hari jum’at.

Tidak hanya laki-laki saja yang melaksanakan shalat jum’at namun perempuan pun bisa mengamlakan amalan sunnah dihari jum’at. Lantas bagaimana jika perempuan tersebut sedang hadi?

Apakah amalan yang bisa ia kerjakan? Karena ternyata banyak sekali amalan wanita yang sedang haid yang bisa mendatangkan pahala dari Allah SWT. Berikut amalan bagi wanita haid di hari Juma’at:

1. Mengingat Allah Atau Berdzikir
Wanita haid bisa memperbanyak zikir walau sedang haid. Dari pada lisannya digunakan untuk hal-hal yang dilarang Allah atau mengunjing orang maka lebih baik berzikir dan mengingat Allah.

Sebab dengan mengingat Allah selain mendapatkan pahala akan mendapatkan ketentraman hati juga.

2. Ihram

Loading...
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ

“… dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana …” (QS. Ali Imran: 97)

Namun bagi perempuan yang sedang haid maka ia tidak boleh melaksanakan shalat tawaf atau melakukan tawaf. Akan tetapi wanita yang sedang haid dan nifas boleh mengerjakan mansaik haji.

Sebagaimana ia boleh mengerjakan ihram. Sebagaimana didalam sebuah hadis bahwa Aisyah meriwayatkan kasus Asma’ binti Umais. Asma’ melahirkan di Syajarah. Lalu Rasulullah n menyuruhnya mandi dan sesudah itu langsung ihram.

3. Melayani Suami
Selama wanita haid bukan berarti tidak bisa melayani suaminya, meskipun wanita sedang haid ia bisa membahagiakan suaminya.

Sebagai istri harus tetap melayani suaminya, walau diharamkan berhubungan badan namun sang suami boleh bersenang-senang dengan istri pada bagian pusar keatas selain kemaluan.

Karena sang istri haram hukumnya melayani suami kecuali berhubungan intim. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

“Jika suami mengajak istrinya ke ranjangnya (untuk berjima’) kalau istri tidak mau melayaninya sehingga ia marah kepadanya, maka malaikat melaknatnya hingga subuh.” (Riwayat Bukhari Muslim)

Istri yang taat kepada suami juga tidak bermaksiat keapda Allah juga istri yang mengakui hal suaminya maka akan mendapatkan pahala jihad. Tak hanya itu saja wanita yang salehah akan menyenangkan bagi suaminya sebagaimana sabda Rasulullah.

“Tidakkah mau aku khabarkan kepada kalian tentang sesuatu yang paling baik dijadikan bekal seseorang? Wanita yang baik (shalihah), jika dilihat suami ia menyenangkan, jika diperintah suami ia mentaatinya, dan jika (suami) meninggalkannya ia menjaga dirinya dan harta suaminya,” (Riwayat Abu Dawud dan An-Nasa’i)

4. Menghadiri Kajian
Wanita yang sedang haid bisa menghadiri mejlis atau kajian selama kajian tersebut tidak dilaksanakan dimasjid. Karena ada larangan wanita yang sedang haid tidak boleh mamasuki masjid.

Selama kajian tersebut bermanfaat juga tidak mendatangkan mudarat maka lebih baik dengan hal-hal bermanfaat. Sehingga hal ini menghindarkan kita dari melewatkan waktu yang sia-sia.

Juga bisa membaca buku dan bersama orangorang yangshalih serta mendengarkan al-Qur’an. Juga bisa mengerjakanpekerjaan rumah, karena selama dilakukan dengan ikhlas dan tulus akan mendapatkan pahala.

Meski kita tidak bisa meniru amal ibadah para muslimah terdahulu pada zaman Nabi akan tetapi setidaknya kita mengerjakan amal shaleh semampu kita meskipun kita sedang haid.

Ketika wanita sedang haid maka akan menjadi kesmepatas setan juga jin untuk menggoda mereka Sebab wanita yang sedang hadi mengalami semangat dalam beribadah keapda Allah.

Berikut ini amalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan amalan kita walau sedang Haid.

  1. Mengingat Allah dengan memeprbanyak dzikir
  2. Menghadiri kajian
  3. Membaca buku agam
  4. Berteman dengan orang-orang shaleh
  5. Mengisi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat bagi akhiratnya
  6. Mengulang hafalan al-Qur’an
  7. Bersholawat pada Nabi Muhammad
  8. Membaca amalan dzikir pagi dan sore

Itulah beberapa amalan bagi wanita yang sedang haid, jangan bairkan haid menjadi penghalang untuk beribadah kepada Allah dan bermalas-masalan. [ruangmuslimah.co]

Tags: #Amalan Wanita Haid #Sunnah Bagi Wanita Haid