Amalan Ibu Hamil Muda Menurut Islam

1067 views

Kodrat seorang perempuan adalah mengandung, melahirkan dan menyusui. Kehamilan adalah anugrah terindah dari Allah SWT, semua wanita yang hamil akan mengalami yang namanya perkembangan fisik.

Mulai dari hamil muda akan mengalami beberapa perbuahan kesehatan, seperti muntah, pusing bahkan mudah lelah.

Semakin hari akan semakin bertambah usia kehamilannya, mulai daari fisik danmental yang semakin diuji serta fisik akan semakin melemah.

Perasaan yang dimiliki pun muali bercampur, dari perasaan bahagia, senang, khawatir dan merasa takut akan kelahiran anak pertama akan meliputi seorang wanita.

Perasaan campur aduk akan dirasakan dan dialami oleh perempuan terutama ketika memasuki persalinan, tentu akan merasa tegang dan rasa khawatirnya semakin bertambah.

Dzikir Untuk Ibu Hamil Muda
Maka dari itu bagi imu hamil hendaknya mengamalkan doa dan dzikir yang akan membuat hatinya merasa tenang dan bahagia tanpa harus merasa resah, gundah dan khawatir.

Loading...

Hal ini dilakukan agar Allah selalu menjaga iu dan anaknya dari segala macam keburukan dan hal yang tidak diinginkan selama persalinan.

Jika ingin memiliki anak yang dekat dengan Allah maka sejak dari kehamilan sang ibu harus mengajarkan untuk selalu dekat kepada Alllah.

Karena Allah akan mengabulkan dia yang dipanjatkan kepada-Nya dan Allah maha menepati janji,

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman : 14)

salah satu cara agar memiliki anak yang senantiasa sehat dan menjadi anak shaleh dan shalehah maka sebagai orang tua harus berusaha secara lahir juga batin.

Dalam agama islam kita harus berusaha secara lahiriah sebagai orang tua harus mendekatkan diri kepada sang pencipta melebihi ketika sebelum hamil. Bukan hanya sang istri saja, sang suami juga harus melakukan pendekatan diri agar lebih tentram dalam menjalani kehidupan.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”  (QS. ar-Ra’d: 28)

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina’.” (QS. Ghafir[40]: 60)

Berikut ini dzikir untuk ibu hamil muda (dzikir harian untuk perempuan mengandung):

  • Perbanyak mengingat Allah dengan cara memohon agar anak yang ada didalam kandungan selalu sehat dan semoga dimudahkan ketika proses persalinan kelak. Bacalah Istghfar sebanyak 11 kali setiap selelsai shalat lima waktu.
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Masing-masing dibaca 3 kali setiap kali selesai sholat 5 waktu
  • Membaca ayat Kursi, yakni ayat 255 pada surat Al-Baqarah. Baik dibaca satu kali setiap kali selesai sholat 5 waktu
  • Membaca sholawat sebanyak 11 kali setiap kali selesai sholawat 5 waktu
  • Memperbanyak melakukan ibadah, berbuat kebaikan serta meninggalkan segala larangan-Nya. Lakukan shalat sunnah seperti shalat tahajjud, shalat duha dan shalat sunnah-sunnah lainnya, selalu menutup aurat.
  • Sang suami pun juga harus memperbanyak ibadah, puasa sunnah terutama senin kamis.
  • Memperbanyak membaca Al-Qur’an.
  • Selalu mendoakan orang tua dan memperbanyak sedekah.
  • Memperbanyak shlawat ketika sedang mengerjakan sesuatu misal, sedang memasak, rebahan dan seterusnya.Demikianlah amalan ibu hamil yang bisa dikerjakan sejak kehamilan masih muda hingga hamil tua.

Demikianlah amalan yang bisa anda baca saat hamil muda. Semoga kehamilan terjaga dan proses melahirkan diberi kelancaran oleh Allah. [amalanonhand.blogspot.com]

loading...
loading...

Tags: #Amalan Ibu Hamil #Dzikir Wanita Hamil