Amalan Malam Jumat Suami-Istri

1588 views

Menikah adalah ibadah yang sangat lama, apapun yang dikerjakan oleh suami-istri menjadi pahala dan menjadi penggur dosa.

Terlebih lagi ada banyak amalan untuk suami dan istri terutama didalam jum’at. Suami dan istri dianjurkan untuk membaca doa ini secara bersama-sama baik sebelum berhubungan badan atau setelah melakukannya.

Dilansir oleh nu.or.id, mengatakan bahwa melakukan hubungan badan dimalam jum,at adalah sunnah rosul.

Inilah penjelasan kenapa hubungan badan pada malam jum’at dikatakan sebagai sunanh Rasul.

وليس في السنة استحباب الجماع في ليال معينة كالاثنين أو الجمعة ، ومن العلماء من استحب الجماع يوم الجمعة.

“Di dalam sunah tidak ada anjuran berhubungan seksual suami-istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyatakan anjuran hubungan seksual di malam Jumat,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, cetakan kedua, 1985 M/1305, Beirut, Darul Fikr, juz 3 halaman 556).

Didalam keterangan diatas, Syekh Wahbah Az-Zuhayli menjelaskan bahwa anjuran berhubungan badan antara suami dan istri di malam jum’at.

Loading...

Jika ada yang mengajurkan hal tersebut maka ada sebagian ulama yang menganjurkan berdasarkan Hadis Nabi Muhammad.

“Siapa saja yang mandi di hari Jumat, maka…” Dari sini kemudian sebagian ulama itu menafsirkan kesunahan hubungan badan suami-istri malam Jumat.

Doa inilah yang dibaca sebelum berhubungan badan di hari apapun

بِسْمِ اللهِ العِلِيِّ العَظِيْمِ ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ صُلْبِيْ ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنِيْ

Latin:

Bismillâhil ‘aliyyil ‘azhîm. Allâhummaj‘alhu dzurriyyatan thayyibah in qaddarta an takhruja min shulbî. Allâhumma jannibnis syaithâna wa jannibis syaithâna mâ razaqtanî

Artinya,
“Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. Tuhanku, jauhkan aku dari setan, dan jauhkan setan dari benih janin yang Kauanugerahkan padaku.”

Demikianlah doa yang harus dibaca ketika hendak melakukan hubungan badan antara suami-istri sehingga dijauhkan dari hal-hal buruk dan gangguan setan. [tribunnews.com]

loading...
loading...

Tags: #Amalan Malam Jum'at #Amalan Suami Istri #Dao Berhubungan Badan