Amalan Sebelum Memasuki Bulan Ramadhan

1217 views

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sehingga ada beberapa orang yang bertanya apakah ada alaman khusus untuk menyambut bulan ramadhan.

Ada beberapa artikel yang menjelaskan tentang amalan bulan ramadhan namun sifatnya hanya anjuran untuk menyiapkan diri untuk mengahdapi bulan ramadhan.

Menyiapkan diri untuk menyusun rencana selama bulan ramadhan tak hanya menyiapkan jiwa namun juga raga.

Selain menyiapkan diri kita sebagai umat muslim tentunya kita mempelajari fikih selama bulan ramadhan karena memperlari fikih sangat ditekankan kepada seluruh umat muslim.

Karena hal yang demikian Allah perintahkan untuk menjadi bekal selama hidupnya.

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

Loading...

“Ambillah bekal, dan sebaik-baik bekal adalah taqwa” (QS. al-Baqarah: 197)

Sebagai umat muslim kita harus memaksimalkan amalan kita selama bulan ramadhan. Selama bulan mulia itu kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama satu bulan penuh. Untuk mengetahui apa saja aturan yang terdapat didalam bulan ramadhan adalah dengan cara mempelajari serta mengamalkannya.

Sehingga para ulama selalu menyarankan dan menekankan agar kita sebagai orang muslim untuk selalu belajar, belajar dan belajar aturan syariat islam lalu kemudian mengamalkannya.

Imam Bukhari memberi nasehat kepada kita sebagai orang islam yang terdapat dalam kitab shahihnya, beliau menyatakan.

العِلْمُ قَبْلَ القَوْلِ وَالعَمَلِ

“Ilmu dulu sebelum berbicara dan beramal.” (Shahih Bukhari, 1/24).

Selain kita belajar aturan syari’at Islam maka keistimewaan lain yang kita dapatkan ialah akan membuat kita berbuat baik, sebab ilmu agaam akan mendorong kita supaya kita beramal baik. Seperti pendapat seorang ulama berikut ini,

يهتف العلم بالعمل ، فإن أجابه وإلا ارتحل

“Ilmu agama selalu membisikkan untuk diamalkan. Jika direspon ajakannya dia akan menetap. Dan jika tidak, dia akan pergi.” (Majalah Al-Manar, At-Ta’lim bil Amal, volume 51, hlm. 9).

Adapun sebagian orang menganggap bahwa sebelum ramadhan harus saling bermaaf-maafan namun amalan seperti ini hanyalah kesalah pahaman terhadap dalil. Karena jika memang memiliki salah maka seharsnua meminta maaf tanpa harus menunggu bulan ramadahan. [konsultasisyariah.com]

Tags: #Alaman Bulan Ramadhan #Menyambut Ramadhan #Sebelum Ramadhan