Ancaman Allah Bagi Penghianat dan Orang yang Suka Ingkar Janji

242 views

 

Janji yang terucap harus ditepati. Kepada siapapun tak boleh diingkari. Jika janji tak ditepati, berarti kita telah berkhianat.

Sebaik-sebaiknya perkataan adalah perkataan yang datang dari Allah sehingga mendapatkan keberkahan.

Berkomitmen dengan janji pada akhirnya akan menepatinya tidak untuk berkhianatinya. Sejatinya komitmen terhadap janji adalah sebuah perkara yang sudah ditentukan dalam Al-Qur’an.

Salah satu ayat yang membicarakan masalah ini adalah surat Al-Anfal ayat 27.

 

Loading...

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (QS. Al-Anfal:27)

Dalam ayat ini melarang kita berkhianat pada Allah dan Rasul-nya dan juga kepada sesama manusia.  Allah SWT memperingatkan dan melarang manusia penghianatan dan ingkar janji.

Dalam sebuah hadits dari imam Baqir disebutkan bahwa, beliau memerintahkan Abu Hamzah Al-Tsumali yang ingin tinggal di Mekkah supaya kembali untuk mengembalikan utangnya kepada seorang bermazhab Murijjah yang dari sisi pemikiran bertentangan dengan Islam.

Beliau berkata, “Seorang mukmin tidak akan berkhianat.”

Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa, orang-orang yang tidak bisa menepati janji-janjinya, maka sifat-sifat munafik melekat dalam kepribadiannya. Sedangkan balasan bagi orang munafik adalah neraka.

Allah berfirman;

 

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.” (QS. An-Nisa: 145).

Jadi kepada siapapun saja jangan kita berkhianat dan ingkar terhadap janji yang kita ucapkan agar kita tak tercatat sebagai orang munafik.

Tags: #Ancaman Allah #Ingkar Janji #Orang Berhianat