Apakah Sama Pahala Sholat Berjamaah di Rumah dan di Masjid?

Dalam hadits Shahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa sholat berjamaah itu lebih utama 25-27 derajat daripada sholat di rumah.

Sebagaimana diriyawatkan Abu Hurairah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sholat seorang laki-laki dengan berjamaah dibanding sholatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan 25 kali lipat.

Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid,

dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan sholat berjamaah, maka tidak ada satu langkah pun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya.

Apabila dia melaksanakan sholat, maka malaikat akan turun untuk mendoakannya selama dia masih berada di tempat sholatnya.”

Loading...

Orang yang menanti pelaksanaan solat ia akan dihitung dalam keadaan sholat selama dia menanti.

Hadits diatas dijelaskan bagi orang yang sholat berjamaah tanpa adanya udzur syari’i.

Jika punya udzur baik udzur personal atau udzur bersama, insya allah pahala berjamaah tetap akan didapat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang hamba sakit atau melakukan safar (perjalanan jauh), maka dicatat baginya pahala sebagaimana kebiasaan dia ketika mukim dan ketika sehat.” (HR. Bukhari)

Dari hadits itu, Ibnu Hajar Al-Asqalani mengatakan hadits di atas berlaku untuk orang yang ingin melakukan ketaatan lantas terhalang dari melakukannya.

Padahal ia sudah punya niatan kalau tidak ada yang menghalangi, amalan tersebut akan dijaga rutin (Ibnu Hajar al-Asqalani, Fath Al-Bari, juz 6, hal. 136).

Meski sholatnya di rumah tapi sebenarnya biasanya sholat berjamaah di masjid, semoga tetap mendapatkan pahala seperti sholat berjamaah di masjid.

Semoga Allah, Allah limpahkan kesabaran dan kebaikan kepada Kita. Semogakita juga bisa  nyaman dalam beribadah, berjamaah, mengaji, termasuk juga mencari rezeki halal.

Tags: #Jamaah DI RUmah #Pahala Sholat Jamaah #Sholat Berjamaah