Aqiqah Anak Umur 3 Tahun, Ini Hukumnya Dalam Islam

935 views

Aqiqah hukumnya wajib bagi anak yang baru lahir akan tetapi bagaimana hukumnya bagi anak yang umurnya sudah lebih dari 1 tahun belum di aqiqah disebabkan karena orang tuanya tidak mampu?

Pertannya adalah, bagaimana cara mengaqiqah anak yang umurnya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah berumur 3 tahun? Penyebab terlambatnya aqiqah disebabkan karena orang tuanya tidak mampu.

Pertannya yang kedua adalah, karena orang tuanya yang kurang mampu bagaimana cara menyembelih kambing tanpa harus mengadakan acara.

Disamping rumahnya sempit karena hanya kontraan apakah boleh membagikan kambing tersebut ke tetangga?

Jawaban Pertama:
Ketika syaikh Ibnu Baz diajukan pertanyaan: ada orang yang memiliki dua anak laki-laki, anak yang pertama berumur 4 tahun dan yang kedua berumur 3 tahun. Orang tuanya belum mengaqiqah anaknya tersebut, lalu bolehkan orang tuanya mengaqiqah sekarang?

Jawaban beliau: Sunnah mengaqiqah anaknya tersebut walaupun sudah besar. Dua sembelihan untuk anak laki-laki dan satu satu sembelihan saja untuk anak perempuan.

Loading...

Adapun cara melaksanakan aqiqah anak yang sudah berumur 4 tahun bahkan lebih sama halnya dengan cara mengaqiqah anak yang masih berumur 7 hari.

Jawaban Kedua:
Ketika hendak mengadakan aqiqah maka sebagian dagingnya harus dimakan dan sisanya harus disedekahkan. Boleh dibagikan dalam keadan mentah atau pun sudah matang. Hal ini dijelaskan oleh syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad.

Di dalam fatwa beliau dijelaskan bahwa daging aqiqah boleh dibagikan secara mentah juga sudah masak. Hal ini menunjukkkan bahwa tidak masalah meski pun tidak mengadakan acara khusus di rumahnya.

Demikanlah penjelasan tentang hukum aqiqah anak yang sudah berumur 3 tahun atau lebih. [salamdakwah.com]

Tags: #Aqiqah Anak Umur 3 Tahun #Hukum Aqiqah