Arti Mimpi Menikah Menurut Islam

1909 views

Mimpi itu memiliki dua makna, yang pertama butuh penafsiran karena sudah tegambar jelas didalam mimpi dan yang kedua mimpi yang membutuhkan penafsiran.

Sebab mengandung makna yang lain dari mimpi yang terlihat didalam mimpi tersebut. Jenis mimpi kedua inilah yang berupa simbol-simbol seperti bermimpi bertemu binantang, benda, tempat bahkan seseorang.

Sam ahalnya dengan mimpi menikah yang mana artinya adalah bisa jadi akan benar-benar menikah dan yang kedua memiliki arti lain yang tidak seperti digambarkan didalam mimpinya.

Menurut Ibnu Sirin, Jika sang ayah bermimpi menikahkan anak perempuannya dengan seorang syekh (guru) yang tidak ia kenali maka artinya adalah akan mendapatkan keberuntungan yang sangat banyak.

Sebab Seorang syekh yang tidak dikenal dalam mimpi itu merupakan perwujudan dari “kesungguhan orang yang memiliki mimpi”, menurut ibnu sirin, ayah yang bermimpi demikian artinya adalah akan mendapatkan hasil dan kesungguhan di dunia nyata.

Dalam Mu’jam Tafsir al-Ahlam, sebuah kitab kompilasi tafsir mimpi antara penafsiran mimpi Muhammad Ibn Sirin dan ‘Abdul Ghani al-Nabulsi, banyak yang bermimpi tentang pernikahan.

Loading...

Bagi seorang yang bermimpi tentang pernikahan menurut al-Nabulsi adalah simbol hadirnya Allah terhadap orang yang bermimpi. Atau bisa jadi ia adalah simbol keluarga, agama, kegelisahan, kegundahan, tanggung jawab dan kedudukan yang tinggi.

Jika bermimpi menikahkan anak perempuannya dengan orang yang ia kenal maka artinya adalah sebentar lagi ia akan mendapatkan tanggung jawab yang sanggup ia kerjakan.

Jika perempuan didalam mimpi tersebut tidak dikenali maka artinya adalah ia akan menanngung beban yang mana ia sendiri tidak bisa menanggungnya, hal ini bisa kematian.

Mimpi tentang menikah juga simbol tentang pekerjaan atau pencaharian. Jika seseorang bermimpi bahwa ia menikahi seorang perempuan lalu perempuan tersebut meninggal maka maka menurut al-Nabulsi ia akan menekuni sebuah profesi dan yang didapat hanyalah rasa lelah dan gundah.

Hal ini juga berlaku jika bermimpi menikah dengan empat orang perempuan, maka maknanya adalah ia akan mendapatkan tambahan penghasilan dari usahanya.

Jika bermimpi menikahi perempuan yang sudah menikah satu atau lebih maka maknanya adalah dia akan mendapatkan kekuasaan atau kebaikan.

Namun kebaikan dan kekuasan tersebut tergantung dari perempuan yang dilihat, jika cantik maka semakin bagus pula kebaikan juga kekuasaan yang diperoleh.

Dari beberapa penjelasan dan penafsiran ulama tentang menikah, hampir semua menyebutkan bahwa menikah adalah simbol yang harus ditafsirkan dan tidak menunjukkan bahwa arti dari mimpi tersebut adalah akan menikah, meski sebetulnya hal tersebut bisa jadi terjadi juga.

Mimpi menikah juga bisa berarti ia akan mendapatkan kebaikan, kekuasaan, tanggung jawan, pekerjaan, kegalauan dan sebagainya.

Didalam islam mimpi sangatlah dihargai, sebab mimpi bukanlah hal yang tabu untuk diperbicnangkan. Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa mimpi adalah adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian.

Dari sahabat ‘Ubadah bin Shamit, Rasulullah saw bersada:

رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ.

“Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain sebagainya). [bincangsyariah.com]

Tags: #Arti Mimpi Menikah #Mimpi Menikah