Ayat Al-Qur’an Tentang Penyakit dan Obatnya

1962 views

Disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Para ulama ahlussunnah wal jama’ah pun merinci terlebih dahulu sebelum menyebutkan dalil secara umum yang didalamnya terdapat penjelasan bawha setiap penyakit yang Allah turunkan sudah terdapat obatnya. Penyakit apapun sudah pasti diturunkan beserta obatnya.

Sehingga tak perlu khawatir terhadap penyakit yang di dera. Jangankan penyakit yang berhubungan dengan badan manusia saja yang ada obatnya, penyakit hati yang berhubungan dengan keimanan, kecintaan dan rasa takut kepada Allah pun Allah telah menyiapkan obatnya.

Allah tidak akan melewatkan hambanya, Allah maha adil karena itu merupakan wujud dari kesempurnaan Allah SWT.

Loading...

Beruntunglah orang-orang yang beriman, karena hati mereka takut dan bertaqwa kepada Allah sehingga ia menjadi hamba yang dekat dengan sumber rahmat Allah SWT.

Penjelasan dalam hadist diatas mencakup segala macam penyakit, mulai dari penyakit anggota badan, penyakit jiwa serta penyakit hati pun sudah memiliki obat tersendiri.

Bahkan dalam hadits yang lainnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan jahil merupakan penyakit dan jika ingin tahu bagaimana penyembuhannya adalah dengan cara bertanya kepada orang yang berilmu.

Jangan bertanya kepada sembarang orang, karena tidak semua orang dengn tepat melakukan proses penyembuhannya. Proses penyembuhan yang tidak tepat akan percuma sehingga tidak akan sembuh.

Tidak semua orang tepat dalam proses penyembuhannya, sehingga tidak sembuh. Ada obatnya namun tidak semua orang tahu.

Kemudian orang yang mungkin memahami namun tidak semua orang mempraktekkan dengan benar. Disinilah kenapa kita harus kembali kepada ahli.

Maka dari itu kita harus memperhatikan, orang yang ingin sembuh dari penyakitnya apalagi yang berhubungan dengan penyakit hati atau penyakit rusaknya iman, penting sekali untuk belajar dari orang yang sumbernya terpercaya.

Bukan hanya sekedar melihat kata-kata indah yang disampaikannya. Sebab untuk kesembuhan itu kalau kita menempuh jalan kesembuhan itu dengan benar. [radiorodja.com]

Tags: #Ayat Penyembuhan #Penawar Penyakit #Penyembuh Penyakit