Ayat Mempermudah Sakaratul Maut

4886 views

Sakaratul maut itu adalah hal yang paling menyakitkan yang dirasakan oleh manusia. Jika diibaratkan rasa sakitnya seperti sayatan seribu samurai.

Karena sakitnya memang tidak bisa diumpamakan seperti sakit gigi atau sakit lainnya. Rasulullah saja merasakan betapa sakitnya sakaratul maut apalagi kita yang hanya ummatnya penuh dengan dosa.

Ketika ajal seseorang sudang tiba maka iapun sudah tidak berdaya dan tidak bisa berbuat apa-apa. Sakitnya tidk bisa diobati sebab ia sudah merasakan sakaratnya orang yang hendak meninggal.

Yang ia butuhkan hanya doa serta lantunan ayat suci Al-Qur’an dari kelaurganya karena ia sudah tidak membutuhkan apa-apa.

Sakaratu maut itu begitu dahsyat dan sangat mengerikan hingga membuat seseorang yag merasakanyamerasa bingung.

Bahkan setan pun datang untuk mengajak pada kesyirikan, jika ia tergoda dan terpengaruh maka tentu ia bisa mengikutinya. Na’udzubillah.

Loading...

Oleh sebab itu para ulama menyarankan agar selalu mendampingi orang yang lagi sekarat. Mendmapinginya bukan hanya sekedar menangis namun demi kebaikannya yaitu mendoakan agar menjadi orang yang khusnul khotimah.

Banyak doa dan dzikir yang dianjurkan ketika berada disamping seseorang yang sedang sakaratul maut, diantaranya adalah:

  • Surat Yasin
  • Surat Ar-Ra’du
  • Tahlil

Cara bacanya adalah:

  • Surat Yasin dibaca dengan suara nyaring sedangkan Surat ar-Ra’du dibaca dengan suara pelan
    • Faidahnya diantaranya adalah: Untuk memudahkan keluarnya ruh
  • Serta perbanyak Talkin atau mendekte orang yang lagi sekarat dengan kalimat Lailaha Illaallah

Rasulullah SAW bersabda:

لقنوا موتاكم لااله الا الله

“Tuntunlah orang yang akan meninggal dunia untuk mengucapkan kalimat laa ilaha illaallah.” (HR. Muslim)

Oleh sebab itu temanikah orang yang sedang sakaratul maut, perbanyaklah membaca Al-Qur’an disampingnya atau bisa jjuga dengan banyak membaca kalimat Lailaha Illaallah.

Sebab sudah tidak ada hal lain yang diharapkan kecuali doa dari orang-orang yang masih hidup sert bagi orang yang datang berkunjung tidak diperbolehkan untuk membicarakan keburukan orang yang sedang sakaratul maut tersebut.

Maka dari itu teruslah mendaokanya tanpa henti karena orang yang sedang sekarat membutuhkan doa kebaikan dari orang yang masih hidup.

Karena dengan didoakan maka akan terbantu menghadapi sakitnya kematian. Serta ketika nnati kita yang sedang sakaratul maut maka akan ada orang lain yang akan membantu kita. [islami.com]

Tags: #Doa Mempermudah Sakaratul Maut #Sakaratul Maut