Bacalah Doa Ini Jika Tertimpa Musibah Atau Cobaan

95 views

Yang namanya Manusia tak akan luput dari cobaan dan ujian. Manusia diuji sebagai bentuk evaluasi kesabarannya dalam menghadapi musibah yang diberikan Allah.

Ujian kadang datang dari perkara yang menyakitkan dan yang menyenangkan. Hal ini telah dijelaskan Allah dalam Alquran:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ – 

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS: Al-Anbiya ayat 35).

Saat kita  melihat seseorang yang kena cobaan, sangat baik umat Islam membaca doa. Berikut ini merupakan  doa yang dapat diamalkan oleh semua umat Islam dengan harapan semoga tidak mendapatkan cobaan seperti orang tersebut atau orang yang terkena cobaan itu.

“Alhamdulillahilladzi ‘afani mimmabtalaka bihi, wa faddhalani ‘ala katsirin mimman khalaqa tafdhila”

“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.” (HR. Tirmidzi, no. 3431; Ibnu Majah, no. 3892).

Loading...

Rasulullah SAW berkata jika ada seseorang melihat orang lain yang tertimpa musibah kemudian orang itu mengucapkan doa ini, dengan izin Allah orang itu diselamatkan dari ujian atau cobaan seperti orang tersebut.

Tapi perlu diingat bahwa dalam mengucapkan doa ini hendaknya bacalah dalam hati. jangan sampai orang yang tertimpa musibah memperdengar doa yangkita baca ini.

Semoga kita semua terhindar dari marabahaya dan cobaan dan Allah selalu melindungai kita semua.

Tags: #Cobaan Allah #Doa Kena Musibah #Ujian Allah