Beberapa Sikap Orang Tua yang Disukai Oleh Anak

283 views

Pada dasarnya semua orang tua pasti menginginkan terbaik untuk anaknya, sehingga rela rela untuk tidak menikmati hasil jerih payahnya sendiri demi masa depan sang buah hati.

Materi saja tidak cukup, orang tua harus bisa memahami anak secara mendalam dan menjalin hubungan yang harmonis dengan anak hingga dewasa.

Buah hati juga akan paham dengan sifat orang tua, dan kamu harus tahu sikap apa saja yang diskukai oleh anak.

1. Selalu Ada
Anak selalu menginginkan orang tuanya selalu ada dalam hari-hari pentingnya, seperti pengambilan raport, saat kompetensi dan acara wisudanya.

Karena kehadiran orang tua menimbulkan rasa nyaman bagi anak, dan dia akan merasakan kebahgiaan yang tada tara ketiak orang tua selalu ada untuknya dirinya.

2. Memberikan Kebebasan
Setelah usia anak menginjak usia 17 tahun ke atas orang tua tidak usah terlalu membatasi anak, karena setipa keputusan itu sudah menjadi haknya.

Loading...

Beri dia kebebasan, tugas orang tua hanya memberi saran terbaik bagi anak, bukan mengatur kehidupan anak, agar dia tidak menjadi pribadi yang sangat bebal dan tidak patuh.

3, Selalu Akur
Orang tua harus bisa menjaga sikap ketiak di depan anak, meski anak masih kecil dia mengerti dengan pertengkaran yang terjadi.

Berusahalah untuk tetap akur didepan buah hati, dan jika mau berdebat kamu bisa menjauh dari anak.

4. Mau di Ajak Bertukar Pikiran
Dalam perkembangan zaman kamu harus bisa menjadi orang tua yang open minded, karena anak akan mengalami banyak masalah dari setiap prosesnya.

Maka dari itu jika anak mengajak berdiskusi, cobalah dengaekan dia, Berikan tanggapan secara jujur mengenai topik yang sedang dibahas.

5. Suka Bercanda
Ketahuilah bunda anak juga sangat suka memiliki orang tua yang humoris karena di setipa kebersamaan akan ada candaan dan ketawa bersama.

Selain itu sikap humoris bukan hanya menghibur orang lain namu juga dapat menurunkan stress bagi diri sendiri, tapi jangan lupa batasi candaan agar tidak ada orang yang sakit hati.

6. Tepat Janji
Meski umur anak masih balita tapi daya ingatnya sangat kuat, jadi jangan pernah berjanji jika tidak bisa ditepati, dan jika kamu berjanji harus ditepati.

Karena jika tidak maka diaakan merasa kecewa dan merasa dibohongi, jangan jadikan ini kebiasaan agar anak tidak menjadi pribadi pembohong.

7. Mau Mengayomi
Seorang anak akan selalu membutuhkan orang tua, apalagi saat dia sedang bersedih, dengarkan ceritanya beri dia pendapat dan masukan juga secara halus dan didasarkan pada pertimbangan yang cukup matang agar tidak menyakiti anak.

8. Perhatian
Sesibuk apapun bunda, jangan lupa untuk terus memperhatiakn anak, karena hal ini sangat penting, seperti meperhatika perkembanganya, sekolahnya.

Karena dengan perhatian merupakan salah sat sikap yang palingdisukai oleh buah hati. [cermati.com]

Tags: #Perkembangan Anak #Rumah Tangga #SIkap Orang Tua