Beda Balasan Antara Tidak Shalat Karena Ingkar Atau Malas

266 views

 

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat.

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ankabut: 45)

Ulama sepakat bahwa shalat amal pertama kali yang dihisab di akhirat kelak.  Shalat adalah ibadah yang paling utama.

Loading...

Jika baik shalatnya seorang hamba maka baik pula seluruh amalnya, dan jika buruk shalatnya maka buruk pula amal yang lain.

Pada kenhyataannya shalat banyak disepelekan orang-orang Islam sendiri.

Mereka berdalih, “Islam itu bukan hanya shalat, yang penting Islam itu di hati. Ketika di hati seseorang masih ada Islam, tidak mengapa ia meninggalkan shalat.”

Padahal yang paling benar adalah Islam itu di hati, di lisan, dan dalam amalan juga.

Orang yang mengatakan islam dan iman itu di hatinya, tapi tidak shalat, hakikatnya ia tak punya keimanan dan keislaman sedikit pun.

Karena jika keislaman dan keimanan ada di hatinya, mereka ia tidak akan meninggalkan shalat.

Maka jadikanlah solat sebagai kebutuhan. Dengan menjadikan shalat sebagai kebutuhan, maka kita tidak akan merasa terbebani dan merasa berat melaksanakan shalat.

Ulama sepakat, barangsiapa yang meninggalkan shalat dengan sengaja, maka dia keluar dari Islam.

Orang tidak solat maka ia harus dipinta untuk bertaubat, dan menjaga shalatnya. Jika dia menolak bertaubat, dan tetap ridak solat maka menurut para ulama, ia dihukum mati dengan status keluar dari Islam.

Jika tidak solat  karena malas, tapi masih meyakini bahwa shalat hukumnya wajib, maka hendaknya ia dibimbing dan diberikan sanksi hingga ia shalat.

Tags: #Meinggalkan Solat #Solat Wajib #Tidak Solat