Bedanya Astagfirullahaladzim dan Astagfirullah

19128 views

Sebagai umat islam kita harus senantiasa beritighfar kepada Allah SWT.  Mungkin dari kita banyak yang tidak tahu bedanya stagfirullah dan Astagfirullahaladzim.

Karena mungkin secara tekstual kita bisa membedakan kedua lafadz istighfar diatas. Yang mana satunya memakai al’adzim dan satunya tidak.

Tulisan Arab dari Astaghfirullah dan Astaghfirullahaladzim seperti berikut:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Bedanya terletak pada lafadz الْعَظِيْمَ.

Kalimat الْعَظِيْمَ adalah na’at atau sifat dari kalimat اللهَ yang memiliki arti yang Maha Agung. Perbedaan paling kentara satunya menyebut Allah, sementara satunya lagi menyebut Allah dengan sifat yang Maha Agung.

Loading...

Arti Astagfirullahaladzim
Bacaan astaghfirullah hal adzim terdiri atas tiga kalimat yaitu:

اَسْتَغْفِرُ
اللهَ
الْعَظِيْمَ

Susunan jumlah dalam bacaan istighfar dikategorikan sebagai jumlah fi’liyah

Jumlah fi’liyah adalah susunan kalima tyang didepannya dimulai dengan fi’il. Pada bacaan ini, kalimah fi’ilnya adalah اَسْتَغْفِرُ .yang merupakan fi’il mudhari’ dengan huruf mudhara’ah berupa hamzah.

Arti astaghfirullahal’adzim lengkapnya yaitu: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”.

Kita harus merasa kecil dihadapan Allah SWT, disamping karena kita memang bayak dosa tapi memang kewajiban kitalah selalu beristigfar kepada Allah setiap harinya siang maupun malam.

Rasulullah saja yang sudah dijamin syurga masih selalu beristigfar, apalagi kita yang tidak mendapatkan jaminan syurga, maka kita harus senantisa memohon ampunan kepada Allah.

Demikianlah beberapa arti dari Astaghfirullahaladzim, semoga kita semua senantiasa selalu beristighfar kepada Allah setiap hari. [jumanto]

loading...
loading...

Tags: #Ampunan #Istighfar #Memohon