Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Bulan Puasa Ramadhan

801 views

Berbagai macam perisapan yang dilakukan umat muslim dalah mempersiapkan diri menjelang bulan ramadhan.

Bulan ramadhan sudah didepan mata, banyak sekali hal-ha yang bermunculan bertemakan bulan ramadhan hingga iklan-iklan diacara TV.

Sebagai umat muslim tentu harus mempersiapkan diri tidak hanya fisiknya namun juga hatinya karena akan menjalani puasa selama 30 hari.

Karena selama bulan puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga namun juga harus menahan nafsu dari hal-hal yang tidak baik. Sehingga perlu fisik yang sehat untuk melewati bulan puasa puasa agar mendapatkan pahal.

Inilah beberapa tips untuk mempersiapkan tubuh jelang bulan puasa:

1. Atur Pola Tidur
Untuk yang biasa membawa pekerjannya pulang kerumah, yang suka begadang atau sekedar nonton sampai larut malam alangkah baiknya kurangi kebiasaan tersebut.

Loading...

Kita harus membiasakan diri untuk tidur lebih cepat agar bisa bangun pagi ketika sahur dibulan puasa.

Jika bisa biasakan tidur selama 30 menit agar tubuh tetap segar. Karena hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola tidur yang baik.

2. Perbanyak Buah dan Sayur
Makan makanan yang sehat yang mengandung sayur dan buag. Karena salah satu kunci hidup sehat yaitu dengan banyak makan buah dan sayur yang mengandung banyak serat.

Karena metabolisme tubuh akan semakin lancar jika banyak mengkonsumsi serat sebab di bulan puasa tubuh kita membutuhkan banyak serat dan agar tidak mengalami yang namanya sembelit. Maka jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

3. Buat Jadwal Olahraga
Biasakan diri untuk berolahraga, atur jadwal olahraga yang biasanya dilakukan pagi atau sore maka dilakukan sesudah subuh atau sesudah shalat taraweh

4. Stop Ngemil
Kita harus mengurangi kebiasaan ngemil diluar jam makan. Jangan memanjakan perut sebelum bulan puasa agar ketika menjalani bulan puasa nanti tidak mudah lapar dan mengingat cemilan yang lezat pada jam-jam tertentu.

5. Minum Vitamin
Jangan lupa minumin vitamin, apalagi bulan puasa adalah musimpancaroba maka tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C agar ketahanan tubuh tidka menurun.

Serta mengkonsumsi vitamin yang membuat tulang dan kulit sehingga puasa tetap lancar dan fit yaituvitamin D dan E.

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan diri sebelum bulan puasa, mari jalani puasa dengan tubuh yang sehat serta iman yang kuat. [grid.id]

Tags: #Menjelang Ramadhan #Menyambur Ramadhan #Puasa Ramadhan