Benarkah Wanita Diciptakan Dari Tulang Laki-laki, Ini Penjelasan Hadits

Kita sering mendengar bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Karena yang kita pamahami bahwa sitti Hawa adalah muslimah pertama yang diciptakan dari tulang rusuk Adam.

Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. “(QS. An-Nisa: 1)

Hal ini ditafsirkan oleh at-Thabari seperti ini, “Allah menciptakan kalian” wahai manusia, “dari satu jiwa” yaitu dari Adam.

Loading...

“Kemudian Allah jadikan darinya”, maksudnya, kemudian Allah jadikan dari Adam, istrinya, yaitu Hawa.

Dan itu terjadi, dengan Allah ciptakan Hawa dari salah satu tulang rusuk Adam. (Tafsir at-Thabari).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Bersikaplah yang baik kepada wanita, karena wanita diciptakan dari rulang rusuk.

Dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian paling atas. Jika kalian luruskan dengan keras, akan patah.

Sebaliknya, jika kalian biarkan akan selalu bengkok. Karena itu, bersikaplah yang baik kepada wanita.” (HR. Bukhari & Muslim)

Ada keterangan tambahan dari al-Hafidz Ibnu Hajar, yang disimpulkan dari beberapa riwayat lain. Dalam penjelasannya terhadap hadis ini, Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan,

Sabda beliau “Hawa diciptakan dari tulang rusuk..” ada yang mengatakan, ‘Di sini terdapat isyarat bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam yang sebelah kiri.’

Ada yang mengatakan, ‘dari tulang rusuk yang pendek.’ Diriwayatkan oleh Ishaq dan ada tambahan tulang rusuk sebelah kiri.

Itu terjadi sebelum masuk surga. Kemudian tulang rusuk itu diganti daging. Dan makna “Hawa diciptakan..” artinya dikeluarkan, sebagaimana tunas kurma yang keluar dari biji. (Sahih Bukhari).

Dari ayat ayat al-Qur’an dan hadist di Atas Adalah benar kalau siti Hawa diciptakan dari tulang rusuk adam.

Perihal kepastian cara penciptaanya dan rinciannya tentulah hanya Allah yang mengetahui.

Tags: #Kaum Hawa #Tulang Laki-laki #Tulang Rusuk