Berdoa Saat Hujan Turun Akan Terkabul? Ini Penjelasan Haditsnya

364 views

Orang yang berdoa sejatinya adalah agar supaya keinginannya dikabulkan. Berharap yang dilantunkan dalam doanya semua dijabah Oleh Allah. Ada beberapa waktu dan momentum yang tepat untuk berdoa, benarkah ketika hujan turun doa akan diijabah?

Dalam kitabAl-Umm Imam Syafi’i menjelaskan, Imam Syafi’i telah hafal perihal orang yang meriwayatkan hadits mengenai ijabah doa saat turun hujan ketika sholat.

Imam Syafi’i pun berkata: “Seseorang yang tidak saya curigai mengabari saya, dia berkata: Abdul Aziz bin Umar menuturkan kepadaku, dari Makhul, dari Nabi SAW, beliau bersabda: ‘Mohonlah ijabah doa ketika bertemunya pasukan, didirikannya sholat, dan ketika turunnya hujan,”.

Pada dasarnya , kapan pun waktu berdoa adalah baik. Karena doa adalah sebuah sikap manusia pada Tuhannya dengan menyadari bahwa dirinya adalah kecil dan kebesaran cuma milik Allah.

Akan tetapi dengan adanya dalil dan pendapat Imam Syafi’i bahwa berdoa saat turun hujan dapat diijabahnya doa, maka alangkah baiknya orang islam menggunakan kesempatan baik itu untuk berdoa sebanyak mungkin memohon agar keinginannya dikabulkan Allah.

Tags: #Doa Hujan #Hujan Deras #Saat Turun Hujan