Berdosakah Anak yang Tak Mau Meminjam Uang Pada Orang Tuanya?

303 views

Apakah berdosa, kita sebagai anak yang tidak mau meminjamkan uang kita kepada orang tua kita padahal beliau sedang membutuhkan uang tersebut?

Dengan asalan bahwa suaminya tidak mengizinkan sebab sang suami tidak menyukai cara bisnis mertuanya yang serigkali meminjam uang di bank konvensional.

Sebagai anak juga istri apa yang harus dilakukan sedangkan dua-duanya harus ditaati?

Jawabannya adalah: di dalam agama islam kedudukan orang tua sangatlah mulai, kewajiban kita sebagai anak posisi orang tua yaitu setelah mentatai Allah juga Rasulullah.

Allah juga telah memerintahkan didalam al-Qur’an agar kita berbakti kepada orang tua kita.

Allah berfirman,

Loading...
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri” (QS. an-Nisa[4]: 36). [ummi-online.com]

Tags: #Berdosa #Menolak Pinjaman Uang #Orang Tua