Berilah Contoh yang Baik dalam Mendidik Anak Remaja dengan Sedikit Bicara

470 views

Semua orang tua memiliki harapan terbaik untuk anaknya, mendidik dan membentuk perilaku anak seharusnya dimulai sejak dini, akan tetapi bagaimana jika yang kita hadapi bukan lagi anak kecil, namun anak remaja, maka tentunya perilaku orang tua harus berbeda dari bagaimana mendidik anak kecil.

Orang tua sangat memliki peran penting dalam mendidik anak remaja, karena mereka memiliki keistimewaan terendiri, egois yang masih stabil dan selalu merasa dirinya paling benar, di saat kondisi ini mereka sangat membutuhkan orang tua sebagai contoh baiknya.

Terkadang orang tua salah dalam mendidik anak remaja, mereka tidak suka jika terlalu di kekang dan dimarahi, karena mereka merasa mereka bukan lagi anak kcil, cobalah orang tua tidak terlalu banyak bicara dalam mendidik anak remaja, karena nanti terkesan crewet, karena jika terlalu banyak bicara itu mereka hanya mendengar perkataan kita sepintas seperti angin.

Lalu bagaimana cara menasehati anak agar berperilaku positif dan bisa bisa mebanggakan keluarga, mulailah dengan hal-hal yang sederhana agar anak nyaman, langkah ini bisa di lakukan orang tua:

Berikan Anak Inspirasi
Jangan terlalu sering ngomel pada mereka, cobalah bicarakan baik-baik sambil lalu beri mereka motivasi untuk tidak lagi melakukan kesalahan itu.

Jadilah Pendengan yang Baik
Kenyataannya yang sebenarnya mereka juga ingin bercerita banyak hal kepada orang tua, tapi terkadang mereka acuh karena mungkin orang tua terlalu sering memarahinya, jadi mereka beranggapan tidak mungkin mereka bisa berbicara baik-baik dengan orang tua.

Loading...

Cobalah jadi pendengar yang rbaik untuk anak, agar mereka menuruti perkataan kamu, mereka juga merasa lebih dimengerti, lebih percaya, dan lebih tertarik pada apa yang kita katakan.

Berikan Anak Ruang dan Waktu
Sebagai orang tua kamu harus memberi waktu untuk anak agar mereka bisa menenangkan diri dan cukup berani berbicara sekaligus percaya diri dan tidak lagi risih dan takut, jangan dipaksa, kita cukup menunggu dan memberikan waktu ke anak. [kompasiana.com]

loading...
loading...

Tags: #Anak Remaja #Komunikasi Anak #Mendidik Anak