Berkali-kali Orang Ini Bersumpah Tidak Akan Menemui Nabi Tapi Malah Masuk Islam di Hadapan Beliau

720 views

Orang ini  berkali-kali bersumpah tidak akan menemui Rasulullah SAWdan tidak akan memeluk Islam. Namanya adalah Muawiyah bin Haidah.

Namun Allah berkehendak lain, bulir-bulir hidayah merasuki kalbunya. Pada akhirnya langkahnya tertuju untuk menemui Nabi SAW.

Muawiyah bin Haidah berkata, “Wahai Rasullullah, aku tidak datang kepadamu sampai aku bersumpah dengan sumpah yang lebih banyak daripada jumlah jari tangan, bahwa aku tidak akan mendatangimu dan agamamu.

Tetapi kini aku datang juga kepadamu sebagai seseorang yang tidak faham apapun, kecuali apa yang diajarkan Allah kepadaku.

Maka aku bertanya kepadamu demi Allah Yang Maha Besar, dengan apakah Tuhan mengutusmu kepada kami?”

Nabi bersabda, “Benar!!”

Loading...

Maka Nabi  menjelaskan secara  gamblang perihal Islam, kewajiban-kewajibannya, keimanan pada  akhirat, dan lain sebagainya.

Seingga pada akhirnya pada saat itu juga Muawiyah dengan suka rela masuk Islam.

Muawiyah bin Haidah s

Dan setelah masuk Islam Muawiyah banyak meriwayatkan hadits, termasuk hadits di bawah ini  diriwayatkan oleh Muawiyah.

Muawiyah bin Haidah pernah bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, apa hak seorang istri yang harus dipenuhi oleh suaminya?”

Rasulullah menjawab, “Engkau memberinya makan apabila engkau makan, engkau memberinya pakaian apabila engkau berpakaian,

janganlah engkau memukul wajahnya, dan janganlah engkau menjelek-jelekannya, dan janganlah engkau tinggalkan dia melainkan di dalam rumah…” (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah).

loading...
loading...

Tags: #Keras Hati #Masuk Islam #Sahabat Nabi