Bismillah Bahasa Arab dan Ulasan Lengkapnya

881 views

Bismalah adalah bacaan pembuka dari semua surah yang ada didalam Al-Qur’an kecuali surah At-Taubah. Basmalah juga sebagai awal bagi kita sebagai orang muslim untuk melakukan sholat, makan atau ibadah lainnya.

Dibawah ini adalah tulisan arab sekaligus penjelasannya:

Bismillahirrahmanirrahim

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Jar majrur (bi ismi) memiliki ayat yang berkaitan dengan kata kerja yang memiliki arti tersembunyiny setelahnya, juga berkaitan dengan aktifitas yang akan atau sedang kita lakukan.

Misal kita hendak makan lalu mengucapkan basmalah maka artinya menjadi “Dengan menyebut nama Allah aku makan.”

Beberapa Fadhilah Membaca Kalimat Bismillah
Didalam agama islam, ketika kita hendak melakukan aktifitas sehari-hari kita dianjurkan untuk senantiasa membaca bismilah.

Loading...

Dengan membaca bismilah apa yang kita lakukan akan menjaddi ibadah serta kita akan memperoleh ridho Allah SWT jika kita memiliki niat yang tulus.

1. Tidak Sempurna Wudhu Tanpa Diawali Bismillah
Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daud. Nabi Muhammad SAW Bersabda:

“Tidak sah wudhu seseorang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala (mengucap basmalah)” (HR. Ahmad, Abu Daud)

Maka ketika hendak berwudhu alangkah lebih baik mengawali dengan kata bismilah yang diniatkan karena Allah sehingga wudhu kita menjadi sempurna.

2. Membaca Bismillah Sebelum Melakukan Jima’
Ketika hendak melakukan hubungan suami-istri, sebagai umat muslim jika dianjurkan untuk membaca bismillah agar dijauhkan dari gangguan setan.

Hadist kitab shahih bukhari dan Muslim, Ibn ‘Abbas r.a, Nabi Muhammad SAW Bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian hendak menggauli istrinya ia membaca : ‘Bismillah allahumma janibnasy syaithaana wa janibisy syaithaana maa razaqtanaa (dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugrahkan kepada kami),’ maka jika Allah menakdirkan lahirnya anak maka anak itu tidak akan diganggu oleh setan selamanya.”

3. Menjauhkan Rumah Anda dari Godaan Setan
Ketika masuk rumah kita membaca bismilah maka rumah tersebut dijauhkan dari gangguan setan.

Sebab rumah yang tidak dibacakan nama Allah maka setan akan senang menempatinya. Maka dari itu kita harus senantiasa membaca bismilah ketika masuk rumah.

4. Mendatangkan Keberkahan
Keberkahan yang akan didapatkan adalah ketenangan hati yang semakin bertambah, kebaikan juga keberkahan dalam yang kita cari.

Kita akan mendapatkan pekerjaan yang mendatangkan berkah, rizki yang berkah, rumah tangga yang selalu berkah, hidup yang bermanfaat juga semua makanan akan penuh keberkahan adalah dambaan setiap manusia.

Agar yang kita makan dan minum mendatangkan berkah maka cukup makan dengan teman atau juga keluarga dengan membaca basmalah.

Sehingga makanan yang kita makan membuat kita menjadi lebih semangat untuk beribadah kepada Allah.

5. Disunnahkan untuk Membaca Bismillah Ketika Hendak Melakukan Aktifitas atau Pekerjaan
Ketika hendak memulai pekerjaan atau aktifitas maka hendaknya membaca khutbah juga mmebaca bismilah ketika hendak memasuki kamar mandi.

Demikianlah, tulisan arab bismillah juga keutaman bagi yang istiqomah membacanya. Semoga bisa bermanfaat serta bisa menganalkannya. [kingprastyo.com]

Tags: #Bismilah #Keutamaan Bimillah #Membaca Bismillah