Bolehkah Mengobati Sihir Dengan Sihir Pula?

94 views

Sihir adalah mantra atau jampi-jampi untuk mencelakai orang yang akan disihir. Praktek sihir juga bisa berupa obat yang mempengaruhi badan, akal, dan pikiran orang yang disihir.

Ilmu sihir bisa di tangkal  dengan berzikir kepada Allah SWT dan doa-doa yang dianjurkan seperti doa ruqyah.

Lantas bagaima islam menyikapi jika orang ada yang menangkal sihir dengan menggunakan sihir juga?

Para ulama beda pendapat perihal menangkal sihir dengan  sihir juga. Akan tetapi  lebih tepat adalah tidak mengobati sihir dengan sihir.

Pendapat ini adalah pendapat Al Hasan Al Bashri, Syaikh Sulaiman bin ‘Abdillah (penulis kitab Taisir Al-‘Azizil Hamid)

dan jadi pendapat Syaikh Muhammad bin Ibrahim (mufti Kerajaan Saudi Arabia di masa silam).

Loading...

Di antara dalilnya adalah:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنِ النُّشْرَةِ فَقَالَ « هُوَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ »

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang nusyrah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Itu termasuk amalan setan.”

(HR. Abu Daud, no. 3868 dan Ahmad, 3:294, juga dikeluarkan oleh Bukhari dalam Tarikh Kabir, 7:53. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Maksud nusyrah yang terlarang adalah mantra-mantra orang-orang jahiliyah seperti  menggunakan jimat-jimat. Itu adalah amalan setan.

Nusyroh yang dimaksud bukanlah dengan membacakan surah ta’awudzat (surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq dan surah An-Naas) atau dengan menggunakan ramuan yang mubah. (Lihat Taisir Al-‘Aziz Al-Hamid, 2:846)

Syaikh Shalih Alu Syaikh hafizhahullah berkata, “Yang namanya sihir di dalamnya jin mengabdi pada tukang sihir dengan syarat tukang sihir tersebut berbuat syirik kepada Allah selamanya.

Begitu pula menghilangkan sihir juga harus menghilangkan sebab sihir tersebut.

Sihir tersebut bisa terjadi karena pengabdian setan jin kepada tukang sihir.

Nah, inilah yang perlu diatasi. Kalau sihir diatasi dengan sihir, maka mesti tukang sihir kedua juga meminta bantuan pada jin yang lain untuk mengatasi sihri yang pertama.” (At-Tamhid, hlm. 349).

Tags: #Ilmu Sihir #Sihir Dengan sihir #Tukang Sihir