Cara Agar Dapat Melunasi Hutang Dengan Cepat

952 views

Hutang adalah hal yang sangat berat, tidak hanya menjadi beban pikiran namun akan menjadi beban ketika tidak cepat melunasinya. Sebanarnya banyak cara untuk melunasi hutang yang mudah dilakukan.

Semua orang juga menginginkan hutangnya cepat dibayar, walau dibayar dengan menyicil yang terpenting hutangnya terbayar denga lunas dan tidak menjadi beban pikiran lagi.

Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat yang dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Hitung Seberapa Besar Cicilan Hutang yang Akan Kamu Bayar
Dengan menghitung seberapa besar pengeluaran yang kamu miliki setiap bulannya maka akan memudahkan untuk menjaga keunganmu agar tetap stabil.

Alokasikan cicilan setiap bulannya maksimal 30 persen dari gaji bulananmu, karena jika sampai melebihi dari itu maka keunganmu tidak akan stabil.

Jangan sampai mengalokasikan cicilan lebih dari 30 persen jika tidak ingin gagal membayar hutang. Sehingga kamu harus tahu berapa pengeluarkanmu untuk mencicil hutangmu setiap bulannya.

Loading...

2. Prioritaskan Mana Hutang yang Memiliki Bunga Tinggi
Cara kedua adalah mengurutkan hutang dari yang memiliki bunga tertinggi hingga yang bunga yang paling rendah. Sehingga cara membayar cicilan itu mulai dari perhitungan yang besar hingga hutang memiliki bungan terendah.

Cara melunasi hutang ini anda diminta harus memprioritaskan pembayaran mulai dari bunga yang tinggi dan metode ini disebut dengan metode debt stacking.

Yang mana metode ini dilakukan agar mendahulukan pembayaran yang memiliki bunga paling tinggi, karena jika bukan hutang yang memiliki bunga tinggi yang tidak dibayar maka akan menjadi bengkaknya hutang yang bisa mengakibatkan non-performing loan.

Sedangkan hutang yang memiliki bunga terendah masih bisa diatasi dan diantisipasi. Sehingga sudah jelas kenapa harus melunasi hutang yang memiliki bunga tertinggi.

3. Mengurangi Beban Bunga Hutang
Bunga hutang itu bisa dikurangi namun sayangnya hal ini hanya berlaku pada beberapa hutang saja, misalnya hutang kartu kredit, KTA hingga KPR.

Jika kamu memiliki hutang kartu kredit maka lebih baik gunakan balance transfer kartu kredit yang bisa diandalkan.

Balance transfer ini merupakan kartu kredit yang pemindahan tagihan kartu kredit dari bank yang satu ke bank yang lainnya.

Maka dengan menggunakan cara ini yang awalnya pengguna kartu kredit yang awlanya dibayar untuk tagihan dengan bunga kartu bank yang lama bisa membayar tagihan dengan bungan ringan dari kartu kredit yang bank yang baru.

Lain lagi jika kamu memiliki hutang dari pinjaman KTA atau KPR, maka kamu bisa mendapatkan kerinagnan bungan dengan cara melakukan penjadwalan, persyaratan dan penataan kembali.

Penjadwalan ulang dimaksudkan agar bisa mengubah jangka waktu pelunasan. Misal awalnya 2 tahun menjadi 5 tahun, sehingga cicilanya bisa menjadi ringan.

Sedangkan persyaratan kembali dialkukan untuk mengubah besar bunga yang harus disesuaikan dengan kondisi debitur.

Sementara penataan kembali dilakukan karena sudah mencakup semua dari rescheduling hingga reconditioning.

4. Mengubah Skema Pengeluaran
Hutang bisa cepat lunas dengan cara mengubah skema bujet pengeluaran. Contohnya, jika awalnya kamu menggunakan budgeting 50/30/20 dalam mengalokasikan pengeluaran.

Maka ubahlah menjadi 40/50/10, maka tentu hutang kamu akan segera lunas. Tentu akan cepat lunas jika kamu mengalokasikan gajimu 50 persen untuk membayar hutangmu dan 40 persen untuk memenuhi kebutuhan pokok sedangkan 10 persenya dibuat untuk menabung.

Dengan demikian kamu harus mengatur agar tidak membeli sesuatu yang diinginkan, cukup memberli kebutuhan dan hal yang penting saja.

Karena walau bagaimana pun dalam pelunasan terdapat konsekuensi yang harus ditanggung termasuk dengan cara berhemat ini.

5. Mencari Penghasilan Tambahan atau Menjual Aset
Cara yang terakhir adalah mencari usaha tambahan untuk mendapatkan uang tambahan, atau bisa jadi kamu harus menjual aset berhargamu untuk membayar hutangmu.

Jika tidak ingin menjual aset tentu harus ada konsekuensi yang harus ditanggung, misal harus rela mengorbankan weekendmu untuk bekerja demi menghasilkan uang tambahan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melunasi hutang. Jalankan dengan serius karena jika tidak dijalani dengan serius maka tidak akan melunasi hutang kamu dengan cepat.

Saran yang tepat adalah kamu harus memiliki niat untuk melunasi hutang-hutang kamu. [moneysmart.id]

Tags: #Cara Melunasi Hutang #Cepat Lunasi Hutang #Tips Cepat Lunasi Hutang