Cara Istri Menyikapi Rejeki Suami yang Tidak Menentu

2682 views

Seorang istri haruslah bersikap manis kepada suami, setiap suami melihatnya maka harus membuat hatinya merasa bahgaia.

Jangan sampai menjadi istri yang menyayang suami ketika memiliki uang saja dan ketika rezekinya lagi seret maka suaminya diabaikan seperti pepatah mengatakan, “ada uang abang disayang, tak ada uang abang ditendang”.

Jadilah istri yang melayani dengan sepenuh hati tanpa melihat materi.

Beginilah seorang istri harus bersikap kepada suaminya walau sedang terjadi pasang surut keuangannya:

1. Bersikap Qana’ah
Sikap merasa cukup harus ada didalam diri seorang perempuan apalagi ketika sudah menjadi seorang istri.

Apapun dan berapapun pemberian suaminya harus tetap bersyukur karena sedikit banyak rezeki yang didapat adalah rezeki Allah.

Loading...

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash, Rasulullah bersabda:

“Sungguh sangat beruntung orang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rezeki yang secukupnya dan Allah menganugerahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan pemberian-Nya” (HR Ibnu Majah)

Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah bersabda: “Wahai kaum wanita, bersedekahlah dan perbanyaklah istighfar karena aku melihat penghuni neraka terbanyak adalah (kaum) kalian.’ Kemudian diantara mereka ada seorang wanita bertanya, ‘Kenapa (kaum) kami menghuni sebagian besar neraka?’ Beliau menjawab, ‘Karena kalian sering melaknat dan mengingkari (kebaikan) suami’.” (HR Muslim)

2. Berprasangka Baik Pada Suami
Harus memiliki prasangka yang baik kepada suami. Jika pemberian suami lebih sedikit dari biasanya maka harus berprasangka baik.

Jika berdagang bisa jadi dagangangany kurang laku, atau jika dia bekerja ia memakai uangnya untuk kebutuhan yang lain atau bahkan ia membantu saudaranya yang sedang membutuhkan bantuan.

Jangan mudah curiga, kalaupun merasa kahwatir tetap saja harus bertanya secara baik-baik.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.” (QS. al-Hujurat : 12)

3. Sabar dan Syukur
Menurut Iamam Gazali “Hidup ini antara sabar dan syukur, separuhnya iman itu sabar, lalu separuhnya lagi adalah syukur”.

Karena kunci hidup itu adalah bersyukur dan bersabar, dengan demikian seorang istri tidak akan membedakan sikapnya ketika suaminya mendapatkan rezeki yang kurang dari biasanya.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’.” (QS. Ibrohim : 7)

“Sungguh menakjubkan orang beriman, semua urusannya baik bagi dirinya. Dan itu tidak akan terjadi kecuali pada orang beriman. Apabila diberi sesuatu yang menyenangkan, ia akan bersyukur, dan apabila diberi musibah/sesuatu yang tidak menyenangkan, ia akan bersabar. Dan kedua-keduanya baik baginya” (HR Muslim)

4. Hargai Perjuangan Suami
Jadilah suami yang bisa menghargai kerja keras seorang suami, lebih baik apresiasi jerih payahnya agar suami tidak merasa tertekan.

Jadilah istri yang selalu tersenyum ketika menyambut suami pulang kerja, sellau berysukur atas pemberian suami, selalu mendaoakan kelapangan rezeki untuk suami serta selalu membuat suami merasa nyaman dan menjadi tempat keluh kesahnya.

Dan jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah atas segala nikat Allah yang luar biasa. [ummi-online.com]

Tags: #Bakti Istri #Istri Solehah #Sikap Istri