Cara Membayar Zakat Fitrah Sesuai Anjuran Nabi, dan Hikmahnya

708 views

Zakat secara umum adalah ibadah sosial yang akan semakin menjaga solidaritas antar umat.

Ketika seseorang memiliki kemampuan memberikan zakat pada yang lebih mmebutuhkan maka dari situlah hubungan baik akan semakin terjalin antara orang yang memberi zakat dan yang menerimanya.

Jika pun kelak orang yang memberi zakat membutuhkan pertolongan orang yang menerima zakat maka akan dengan mudah bahkan dengan zenang hati ia akan memnolongnya.

Sebab sudah terjalin hubungan yang baik, rasa saling menyayangi juga saling menghormai serta saling peduli.

Sedangkan Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan bagi orang muslim sebelum bulan ramadhan berakhir.

Nabi Muhammad sebagai utusan Allah SWT mewajibkan orang-orang muslim untuk memabyar zakat fitrah sebanyak satu sha yaitu sama dengan 2,5 kurma atau gandum.

Loading...

Dari Abdullah bin Umar RA meriwayatkan bahwasannya, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah di bulan ramadan dengan satu sha tamar (kurma), atau satu sha Sya’ir (gandum), kepada kaum muslimin, orang yang merdeka dan budak, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang dewasa” (HR. Jamaah)

Masih banyak yang bertanya kenapa zakat fitrah diwajibkan bagi budah, bagi perempuan juga anak-anak? Sedangkan pada saat itu mereka belum memiliki penghasilan.

Jawabannya adalah siapa yang bertanggung jawab sama mereka. Dan para fuqaha sepakat bahwa yang diwajibkan membayar zakat fitrah adalah orang yang menanggung mereka.

Lalu ada pertanyaan kembali, kenapa harus kurma atau gandung yang diwajibkan jadi zakat fitrah pada masa Rasulullah? sebab pada saat itu kurma dan gandum adalah makanan pokok bagi masyarakat setempat.

Sejatinya, zakat fitrah itu dilakukan untuk semua umat muslim baik yang kaya dan miskin, anak-anak maupun dewasa, laki-laki dan juga perempuan, yang bisa merasakan kebahagiaan ketika hari idul fitri tiba.

Serta hal tersebut bisa terwujud jika mereka tidak mampu menyediakan makanan. Setidaknya bisa menyediakan makanan pokokbagi keluarga ketika hari raya idul fitri tiba setelah melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. [bincangsyariah.com]

loading...
loading...

Tags: #Bayar Zakat #Kewajiban Zakat #Zakat Fitrah