Cara Memilih Kreteria Jodoh yang Diajarkan Syariat Islam

258 views

Dalam islam mencari jodoh dianjurkan agar mencari yang baik akhlak dan agamanya. Sebab berkeluarga harus sakinah mawaddah warohmah. Dalam pencarian itu ada tuntunan syariat Allah yang diajarkan.

Bagi muslimah, dalam menerima lamaran, pilihlah laki-laki yang berilmu agama dan baik akhlaknya. Karena akhlak lebih tinggi daripada ilmu.

Laki-laki yang mempunyai banyak ilmu tidak menjamin baik akhlaknya tetapi laki-laki yang baik akhlaknya sudah pasti berilmu. Pada kenyataannya banyak laki-laki yang berilmu agama tinggi tapi memperlakukan buruk terhadap istrinya.

Banyak ilmu tanpa dibarengi dengan akhlak yang baik maka itu adalah kesia-siaan.
Dan Laki-laki yang baik akhlaknya akan memperlakukanmu dengan sebaik-baiknya perbuatan.

Sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam ini :

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya.”
(HR. At-Tirmidzi).

Loading...

Laki-laki mempunyai ilmu agama tinggi bukan berarti tidak baik, pasati ada sisi kebaikannya Namun, lebih baik memilih laki-laki yang berakhlak baik.

Dengan demikian kita harus cermat dalam memilih calon pasangan. Bukan hanya karena cantik atau tampan saja melainkan hal akhlak dan agama adalah yang lebih penting.

Jadi jangan sampai menikah orang yang maksiat, berakhlak buruk, orang fasik, orang yg suka meninggalkan salat. Atau orang kaya namun akhlak dan agamanya buruk. Tapi carilah orang yang baik agama dan akhlaknya.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yg kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi“
(HR. at-Tirmidzi).

Jika muncul pertanyaan bukankah jodoh sudah ditentukan oleh Allah SWT? Bagaimana masih memilih-milih calon yang baik?

Jodoh adalah cerminan diri kita. Jika kita orang baik maka kita akan mendapat jodoh yang baik pula. Teruslah berusaha memperbaiki diri kita masing-masing.

Tags: #Akhlak Baik #Calon Imam #Calon Istri