Cara Mengatasi Anak Suka Ngamuk-ngamuk

1945 views

Menjadi ibu rumah tangga bukan perkara mudah. Apalagi ketika harus mengasuh anak yang tak kalah ribetnya. Terkadang nurut namun seringkali lebih sering berontak.

Ketika anak sudah berontak biasanya akan mengamuk, menangis, menjerit bahkan hingga berguling-guling dilantai. Orang tua pun semakin pusing ketika melihat anaknya demikian. Berikit cara menghadapinya:

1. Harus Tetap Tenang
Jaga emosi ibu ketika melihat anak demikian, jangan sampai ikut marah dan berteriak. Karena ibulah contoh yang baik maka dari itu bantulah anak anak untuk berpirlaku baik.

2. Cobalah Untuk Berbicara Dengannya
Ketika sang anak sudah tenang, cobalah untuk berbicara kepadanya bahwa sikapnya tidak baik. Sampaikan dengan lembut meskipun kamu harus tegas bahwa hal yang demikian tidak baik dan jangan diulangi.

3. Jangan Sampai Memukulnya
Pukulan bukan cara untuk menenangkan anak. Jika orang tua suka memukul anak, secara tidak langsung orang tualah yang mendidik anak untuk menyelesaikan masalah dengan ledakan fisik.

Jika sampai memukulnya, orang tua harus segera minta maaf dan jelaskan kepadanya tidak akan memukul lagi dan hal tersbut tidaklah baik.

Loading...

4. Memiliki Ide Kreatif
Berusaha mencari ide baru untuk mendekati anak dengan cara mengalinkan perhatiannya untuk merespon sesuatu.

4. Menerapkan Beberapa Aturan
Terapkan beberapa aturan dirumah sehingga lambat laun anak akan mengerti dan tidak mudah melanggar aturan.

5. Ajarkan Anak Untuk Menyelesaikan Masalah
Jika sang anak menjadi agresif, suka memukul dan melempar barang, maka orang tua harus bisa mengjari agar tidak bersikap kasar ketika menghadapi masalah apalagi sampai main fisik.

Ajari anak agar berpirlaku dengan cara yang baik dan beradab.

6. Memuji Anak Ketika Berprilaku Baik
Hargai mereka, pujilah mereka ketika berprilaku baik, bersikap lembut kepada orang lain. Dengan demikian oranag tua sudah mengajarkan anak bagaimana cara yang tepat untuk merespon keadaan. [genpi.co]

Tags: #Anak Ngamuk #Prilaku Buruk #Suka Marah