Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

87 views

Siklus pada setiap wanita tidaklah sama, namun pada umunya siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Akan tetapi ada beberapa wanita yang mengalami siklus lebih cepat atau bahkan lebih lama. Siklus menstruasi terbilang teratur jika datang setiap 24-38 hari.

Namun jika siklusnya tidak menentu maka dikatakan tidak teratur. Ada beberapa cara untuk melancarkan haid yang tidak teratur agar kembali normal yang bisa dilakukan tanpa perlu obat-obatan.

Cara Atasi Hadi Tidak Teratur
Ada beberapa hal yang menyebabkan haid tidak lancar, mulai dari hidup yang tidak sehat, sering minum alkohol, jalan-jalan keluar kota atau terlalu sering mengkonsumsi kafien.

Maka dari itu harus melakukan beberapa cara agar menstruasi kembali normal. Berikut ini tips selengkapnya:

1. Makan Nanas
Buah nanas dipercaya mampu mengatasi masalah menstruasi karena buah nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa melunakkan lapisan rahim, sehingga siklus haid akan menjadi lancar.

Loading...

Selain itu protein dari nanas juga dipercaya untuk meredakan rasa nyeri namun belum ada penelitian yang membahas manfaat buah nanas ini untuk mengatasi siklus haid yang tidak tertaur.

Tapi tidak ada salahnya mengkonsumsi nanas untuk mengatasi hadi yang tidak tertaur. Dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 80 gram buah per hari.

2. Rutin Olahraga
Rutin berolahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan akan tetapi bisa menjaga berat badan serta sebagai pengobatan dari PCOS (sindrom ovarium polikistik).

PCOS iniah yang menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar, maka mulailah rutin berolahraga sehingga bisa mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Anda bisa melakukan jogging selama 30 menit sehari, juga bisa mencoba olahraga kardio, berenang dan bersepeda.

3. Menambah Asupan Vitamin
Vitamin yang sangat efektif untuk menatasi haid tidak teratur adalah vitamin D. Vitamin yang terdapat didalam kuning telur, susu juga minyak ikan ini dipercaya unttuk mengatasi haid yang tidak normal.

Selain vitamin D yaitu vitamin B juga dianjurkan untuk menormalkan siklus haid. Vitamin B seperti jagung juga bisa meringankan gejala pra menstruasi.

4. Konsumsi Cuka Apel
Rasa pahit pada cuka apel dipercaya bisa mengatasi haid tidak lancar. Sebuah penelitian pada tahun 2013 mengungkapkan bahwaminimal 15 milimiter cuka apel bisa mengembalikan siklus haid.

Selain itu cuka apel bisa menurunkan berat badan, gula darah, kadar insulin. Disarankan untuk diminum dengan campuran madu serta air yang cukup untuk menghilangkan rasa pahit.

5. Menjaga Berat Badan
Kita harus bisa menjaga berat badan karena berat badan yang tidak seimbang akan membuat siklus menstruasi tidak lancar.

Kelebihan berat badan atau tiba-tiba turun akan menyebabkan siklus haid berantakan. Jikaberat badan menjadi sumber masalah ketika teraturan siklus haid maka lebih baik konsultasi dengan dokter.

Karena dokter akan menyarankan pengobatan untuk mengatasi haid yang tidak lancar. [hellosehat.com]

Tags: #Atasi Haid Tidak Lancar #Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar