Cara Mengatasi Telat Haid

88 views

Salah satu masalha wanita adalah memiliki isklus haid yang tidak lancar, bahkan hampir lebih dari 80% wanita mengeluh karena terlambat menstruasi.

Namun sebelum kita menyimpulkan apakah kita telat haid atau tidak kuta harus mengetahaui terlebih dahulu.

Umumnya, haid normal itu terjadi mulai dari 21-35 hari sekali dan lamanya sekitar 3-8 hari, sehingga anda belum tentu akan mendapatkan haid yang sama setiap bulannya.

Anda tidak mengalami terlambar hadi ketika jarak haid dari pertama dan haid berikutnya masih berjarak 21-35 hari, anda dikatakan terlambat haid jika tidak haid setelah 35 hari dari tanggal haid.

Ketika mengalami terlambat haid lebih baik jangan langsung khawatir, jika terjadi pada awal menstruasi atau ketika menjelang menopause bisanya adalah hal yang normal.

Kedua masa tersebut sebenarnya tubuh sedang menyesuaikan serta menyeimbangkan hormon kewanitaan sehingga menyebabkan haid terlambat.

Loading...

Terlambat haid juga wajar jika menggunakan alat kontrasepsi hormonal yang disuntikkan tiap tiga bulan, atau kontrasepsi hormonal yang disisipkan di bawah kulit (implan).

Mengatasi Terlambat Haid
Jika tidak melakukan hal diatas nemun tetap terlambat haid mungkin memang haidnya tidak normal maka lakukan cara bebikut ini untuk mengatasi terlambat haid.

1. Pastikan Hamil atau Tidak
Penyebab wanita terlambat haid adalah kehamilan. Kehamilan bisa terjadi ketika berhubugan badan setelah haid berakhir sehingga menyebabkan haid terlambat.

Sebelum menduga memiliki penyakit tertentu maka pastikan hamil atau tidak terlebih dahulu.

Cobalah lakukan pemeriksaan dengan menggunakan test pack, jika hasilnya positif maka periksalaha ke dokter.

Jika hasilnya negatif coba ulangi lakukan test pack pada minggu berikutnya, jika hasilnya tetap negatif maka memang tidak hamil.

2. Perbanyak Serat, Kurangi Lemak
Penyebab terlambat haid salah satunya adalah kelebihan berat badan atai obesitas. Untuk mengurangi berat badan maka kurangi pola makan dengan memperbanyak makanan serat, sayur dan buah serta kurangi makanan berlemak.

Jumlah konsumisi makanan yang berlemak tidak lebih dari 10 persen dari total makanan setiap harinya.

3. Jangan Olahraga yang Berat-berat
Jika anda sering melakukan olahraga berat lebih baik kurangi aktifitas fisik yang terlalu berat karena bisa menyebabkan gangguan pada keseimbangan hormon, termasuk hormon estrogen dan progesteron.

Kurangi porsi latihan, jika perlu cobalah untuk istirahat beberapa hari, lalu perhatikan apakah haidnya lebih teratur atau tidak.

4. Periksa ke Dokter
Jika terlambat haid selama tiga bulan berturut-turut lebih baik lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika merasa nyeri perut bawah juga ketika terjadi perdarahan haid yang sangat banyak dibanding biasanya.

Untuk lebih jelasnya lebih anda mencacat siklus haid anda agar bisa melihat secara rinci dan detail sehingga bisa membantu dan memastikan apakah hadi anda lancar atau tidak.

Jika memang terjadi gangguan pada siklus haid anda maka segeralah periksa ke dokter. [klikdokter.com]

Tags: #Cara Atasi Telat Haid #Tips Mengatasi Haid Tidak Lancar