Cara Menghadapi Mertua Jahat

1180 views

Banyak hal yang ditakuti ketika berumah tangga salah satunya yaitu takut memiliki mertua yang jahat. Hal ini bukanlah sepele karena bisa menyebabkan perceraian.

Baik itu suami atau istri sekalipun memiliki hubungan yang buruk dengan mertuanya hingga menyebabkan retaknya rumah tangga.

Sebab pemicu retaknya hubungan juga disebabkan oleh mertua yang selalu bersikap kasar, selalu menyalahkan juga sikap egois terhadap menantu.

Jika memiliki mertua yang demikian tentu akan merasa sulit untuk menghadapi mertua yang demikian, lalu bagaimana cara menghadapi mertua yang demikian? Apa yang bisa kit alakukan agar tidak merasa tertekan?

1. Cari Tahu Penyebab Mertua Bersikap Jahat
dari pada bertanya-tanya dan pusing mikiran mertua yang jahat lebih baik mencari tahu kebenarannya, mungkin ada hal yang menyebabkan kenapa mertuanya memiliki sifat jahat atau memang karakternya demikian.

Bisa jadi sifat yang demikian itu kesemua menantunya tidak hanya kepada anda.

Loading...

2. Minta Bantuan Suami Untuk Mencari Solusi Bersama
Bicarakan baik-baik dengan pasangan agar nemukan solusi terbaik, apalagi dia adalah orang tua dari pasangan adan maka dia yang lebih tahu sifat dan karakter orang tuanya sendiri.

Namun hangan sampai menjelek-jelekkan pasangan, sampaikan dengan cara baik-baik.

3. Ajak Mertua Bicara Tentang Apa yang Membuatnya Bersikap Jahat
Beranikan diri untuk berbicara dengan mertua seraca baik-baik tentang sifatnya yang kurang enak pada anda.

Cobalah bicara hatike hati mungkn dengan seperti ini ia bisa menyadari kesalahannya selama ini.

4. Minta Bantuan Saudara Ipar Atau Orang Ketiga Dari Pihak Keluarga Pasangan Jika Memungkinkan
Jika anda dan pasangan tidak menemukan solusi maka meminta bantuan pada saudara atau ipar yang sekiranya diajak kompromi serta yang bersikap netral.

5. Selalu Berusaha Untuk Tetap Sabar dan Tabah
Selalu berpegang teguh pada kesabaran juga ketabahan karena itulah kunci dari kehiduapan.

Dengan bersabar dan tabah maka akan kuat menjalani hidup yang didalamnya terdapat berbagai problematika, serta belajar bagaimana caranya menghadapi sebuah masalah dengan tabah dan sabar.

6. Tak Ada Salahnya Untuk Intropeksi Diri Terlebih Dahulu
Tak ada salahnya introspeksi diri siapa tahu selama ini ada sikap yang kurang berkenan dihati mertua sehingga ia bersikap jahat kepada anda, parahnya anda tidak menaydari akan hal itu, maka dari itu lebih baik introspeksi diri dan berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi.

7. Coba Ajak Mertua Anda Untuk Berdamai
Bila memungkin cobalah untuk ajak berdamai agar anda bisa mengambil hatinya. Tetaplah bersikap baik serta lakukan hal yang membuat hatinya luluh kepadamu.

Dengan sikap baikmu semoga ia berubah menjadi baik dan menyadari kesalahannya, hingga anda benar-benar akur dengan mertua anda.

Jika memungkinkan ajak mertua anda untuk berdamai dengan cara mengambil hati mertua dan tetap bersikap baik padanya serta melakukan berbagai hal yang bisa meluluhkan hatinya.

Dan semoga saja nantinya beliau akan sadar dengan kesalahannya selama ini dan hubungan anda bisa akur lagi dengan mertua.

8. Jauhkan Hal-hal yang Akan Mengundang Perhatian Mertua Kepada Anda
Berusahalah untuk bersikap baik di depan mertua karena mertuamu akan selalu berusaha mencari celah untuk menemukan kesalahanmu dan mengintimidasi kamu. Maka jangan lakukan hal-hal yang bisa membuatnya menyalahkanmu.

9. Berusaha Untuk Menjaga Jarak Dengan Mertua Demi Kebaikan
Jaga jarak dengan mertua bisa mengurangi ketegangan hubunga dengan mertua. Lebih baik jangan sering bertemu dengannya agar tidak selalu menceri kesalahan anda.

Hal ini juga lah yang bisa anda gunakan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mertua anda.

10. Belajar Untuk Memahami Sikap Mertua
Cobalah untuk menerima sikap mertuamu yang demikian dan cobalah untuk berlapang dada menerima perlakuan mertuamu.

Namun yang paling penting adalah anda tetap berusaha menjadi menantu yang baik walau kondisi mertua anda demikian, sebab sikap anda terhadap mertuanya akan menentukan sikap pasangan anda.

Jangan sampai pasangan anda keliru menilai anda hingga merasa bahwa andalah yang jahat.

11. Jangan Terlalu Memikirkan Sikap Mertua
Biarkan saja sikap mertua yang demikian, anda tak perlu memikirkannya agar tidak merasa tertekan dan stress. Lebih baik pikirkan bagaimana cara anda menghadapi sikap mertua yang jahat kepada anda agar anda tetap sabar dan tenang menghadapinya.

Demikianlah tips untuk menghadapi sikap mertua yang jahat kepada anda sehingga anda tidak merasa stress dan tertekan memiliki mertua yang jahat.

Tips ini untuk mengahdapi sikap jahat mertua agar anda teta[ tenang dan tidak egois semakin bersikap tidak baik sehingga bisa jadi semakin membenci anda. [cintalia.com]

Tags: #Menyikapi Mertua #Mertua Jahat #Tips Hadapi Mertua