Cara Mengobati Perasaan yang Mudah Tersinggung

983 views

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan hal buruk yang ada didalam dirinya. Salah satunya adalah mudah tersinggung dan sensetif.

Orang dengan sifat ini biasanya akan mudah sakit hati ketika ada orang yang bergurau dengannya. Maka dari itu harus bisa mengatasi agar berhenti menjadi orang yang mudah tersinggung.

1. Temukan Penyebab Dari Rasa Tersinggungmu
Biasanya orang mudah tersinggung dikarenakan pengalaman masa lalunya, ada kecewa, sakit hati yang tetap berbekas dan dirinya belum menerimanya.

Ketika ada hal yang ada kaitannya dengan masa lalunya ia langsung tersinggung. Maka dari itu temukan hal yang membuatmu tersinggung dan cari solusinya.

2. Telusuri Apa yang Membuatmu Tidak Percaya Diri
Kamu harus tahu apa yang membuatmu tidak percaya diri sehingga ketika orang lain membahas tentang hal tersebut kamu mudah tersinggung meskipun orang lain tidak benar-benar mengatakan hal itu kepadamu.

Misal tentang berat badan atau tinggi badan.

Loading...

3. Memberi Batasan yang Jelas
Kamu harus memberi batasan apakah kamu mau mengabaikan, ikut menertawakan atau bahkan melawan. Kamu harus tahu bagaimana cara menentukan sikapmu untuk menanggapi hal tersebut.

4. Tidak Semua Orang Tahu Cara Memperlakukan Orang Lain
Ketahuilah tidak semua orang di dunia ini sebaik kamu dan bisa menjaga ucapannya. Maka dari itu abaikan saja dan tidak perlu merasa tersinggung dengannya.

5. Tenangkan Diri
Semua perkataan orang lain jangan langsung dimasukkan ke dalam hati. Lebih baik tenangkan dirimu, biarkan hatimu tenang terlebih dahulu baru berpikir agar mampu mencerna perkataan orang lain.

6. Posisikan Dirimu Sebagai Orang Lain
Terkadang ucapannya bukan berniat untuk menyinggungmu. Maka dari itu posisikan dirimu sebagai orang lain agar mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Kamu pun juga berpotensi menyinggung orang lain tanpa kamu sadari.

7. Buang Pemikiran Negatif yang Diciptakan Oleh Diri Sendiri
Merasa tersinggung bukan karena ucapan orang lain melainkan karena pemikiran negatif yang diciptakan sendiri, maka dari itu berpikirlah positif. [genpi.co]

Tags: #Atasi Sensitif #Mudah Tersinggung #Tidak Tersinggung