Cara Potong Kuku Menurut Hadits dan Pandangan Ulama

Kuku adalah termasuk bagian tubuh manusia yang perlu dirawat. Kuku yang ada di ujung jari adalah pelindung dan penyempurna penampilan bagi manusia.

Kuku tiap hari akan tumbuh, kita harus rutin memotongnya. Hal ini termasuk dari lima fitrah yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW.

 

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)

Loading...

Jadi, barang siapa yang tidak memotong kuku, maka ia termasuk orang yang mengabaikan masalah fitrah.

Dan Islam juga mengatur tata cara memotong kuku. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Barang siapa yang memotong kukunya dengan cara tidak berurutan atau secara berlawanan maka tidak akan mengalami sakit mata.” (HR Ibnu Qudaamah)

Dari hadist di atas, para ulama beda pendapat terkait maksud Nabi mengenai memotong kuku secara berlawanan atau tidak berurutan.

Inilah pendapat para ulama terkait hal itu:

Pertama, Menurut Imam Al-Ghazali
Menurut Imam Al-Ghazali maksud Hadits tersebut adalah dengan cara memotongnya pada Tangan.

Permulaannya adalah dari jari telunjuk kanan, terus jari tengah lantas jari kelingking dan seperti itulah seterusnya berjalan ke arah kanan sampai berakhir pada ibu jari dari kanan.

Kedua, Menurut Imam An-Nawawi
Menurut Imam An-Nawawi cara memotong kuku dari jari telunjuk kemudian jari tengah sampai jari kelingking  lantas ibu jari tangan kanan.

Dan pada tangan kiri dimulai dari jari kelingking lalu jari manis dan jari tengah lalu jari telunjuk dan berakhir pada ibu jari Tangan kiri.

Ketiga, Ulama Lain
Kemudian ulama lain berpendapat cara memotong kuku adalah dimulai dari tangan kanan dan dengan cara memotong kuku jari kelingking dahulu.

Setelah itu jari tengah lalu ibu jari terus jari manis dan berakhir pada kuku dari jari telunjuk.

Jika tangan kiri dimulai dari ibu jari kemudian jari tengah lantas jari kelingking, diteruskan jari telunjuk dan terakhir kuku dari jari manis.

Tags: #Cara Motong Kuku #Potong Kuku