Cinta Hanya Bertahan 12 Bulan, Selebihnya Ikatan Persahabatan

1706 views

Saling mencintai tidak menjamin hubungan akan langgeng selamanya. Karena banyak dari mereka yang katanya saling cinta lalu menikah, tapi setelah beberapa bulan/tahun mejalani, rumah tangganya pun bubar.

Ternyata, menurut peneliti di University of Pavia, Italia yang dipublikasikan oleh Daily Mail, cinta hanya bertahan selama 12 bulan, itu karena ada senyawa dalam otak yang memproduksi rasa debaran tertentu yang cuma bertahan satu tahun saja.

Ini ada kaitannya dengan pemicu rasa kupu-kupu dalam diri manusia, yang oleh para peneliti disebut sebagai protein bernama Nerve Growth Factor.

Lebih lanjut, penelitian ini melakukan pemetaan menjadi tiga kelompok pasangan, diantaranya:

  1. Pasangan yang baru menjalani hubungan selama 6 bulan
  2. Pasangan yang sudah berjalan hubungan satu tahu atau lebih
  3. Orang jomblo

Hasilnya, orang yang ada di kelompok pertama memliki level protein bernama Nerve Growth Factor (NFG) yang penuh gairah.

Sementara kelompok kedua dan ketiga NFG-nya justru menurun dengan perasaan biasa-biasa saja. Tidak ada lagi perasaan berdebar-debar saat bersama orang yang dicintainya.

Loading...

Menurut Dr. Enzo Emanuele selaku pemimpin penelitian tersebut, naiknya level NFG diawal-awal hubungan pria dan wanita dipengaruhi oleh ketergantungan secara emosional dan eforia cinta dalam membentuk ikatan baru.

Tapi meski cinta hanya bertahan 12 bulan, menurut Enzo masih ada senyawa lain yang tetap memproduksi dan bertugas menjaga ikatan sosial antara suami dan istri atau orang yang menjalin hubungan.

Jadi, ketika masa-masa eforia cinta sudah lewat 12 bulan, maka senyawa itu akan bekerja untuk menstimulasi ikan persahabatan dalam pernikahan sehingga  hubungan tetap berjalan lebih lama lagi.

Tags: #Hanya Bertahan #Satu Tahun #Umur Cinta