Ciri-ciri Hamil Muda yang Sehat

327 views

Kehamilan yang masih berusia kurang dari 7 minggu terbilang masih angat lemah dan rawan keguguran.

Oleh sebab itu ketika memasuki hamil mudah maka sebagai wanita harus senantiasa berhati-hati menjaga kandungannya agar senantiasa terjaga keselematan dan kesehatannya dan jauh dari hal-ahl yang tidak diinginkan.

Dilansir mom.me, Jumat (4/1/2013) bahwa ada tanda-tanda tertentu untuk mengetahui kondisi kehamilan pada usia kehamilan 7 minggu.

1. Berhenti Menstruasi
Dari 20-30 % wanita hamil biasanya akan mengalami pendarahan pada awal kehamilan, akan tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya saja yang bisa memeprtahankan kemailannya.

Namun demikian setelah wanita tersebut terbilang positif hamil maka akan berhenti menstruasi selama kehamilan berlangsung.

Wanita hamil muda akan mengalami yang namanya implasi, implasi ini merupakan perut terasa kram dan ibu hamil mengalami pendarahan ringan.

Loading...

Dan prosuksi hormon progesteron yang dialami ibu hamil muda akan meningkat dan menyebabakan lapisan rahim menebal dimana hal ini sebagai tempat implan embrio yang akan tumbuh menjadi janin kemudian bayi. Sebab hal ini terjadi karena penanaman embrio pada lapisan rahim.

Menginjak kehamilan usia 7 minggu, pendarahan serta kram pun akan ringan, akan tetapi apabila pendarahan semakin banyak maka lebih baik konsultasi ke bidan atau dokter.

2. Perubahan Payudara
Tanda kehamilan yang baik dan sehat itu ditandai dengan perubahan payudara, hal ini karena ada peningkatakn kadar estrogen. Areola atau daerah gelap yang ada disekitar puting akan berubah menjadi lebih gelap.

Atau bahkan aakan merassa gatal atau kesemudah dia area payudara. Pembuluh darah payudara pun akan lebih menjonjol sehingga membesar hingga ukurannya naik sekitar 2 cup.

3. Morning Sickness
Morning sickness yang sering dijumpaidan sering terjadi yaitu mual dan enggan terhadap sesuatu tertentu. Gejala ini umum terjadi dan dimulai dari kehamilan seminggu sampai 7 minggu.

Gejala ini adalah tanda baik dan positif dari kehamilan yang sehat terlebih lagi pada wanita yang usianya 30 tahun.

Morning sickness terjadi karena meningkatnya kadar hormon pertumbuhan yang diproduksi dansemuanya berkontribusi yaitu oleh plasenta, hormon estrogen dan progesteron.

Namun apabila anda tidak mengalami Morning sickness bukan berarti bayi anda tidak sehat.

4. Kelelahan
Hormon Progesteron menjadi penyebab wanita hamil merasa mudah capek dan mudah lelah. Namun setelah melalui 7 minggu kehamilan maka akan memudar dengan sendirinya dan akan kembali kuat.

5. Sering Buang Air Kecil
Orang hamil lebih sering buang air kecil karena rahimmya membesar sehingga akan mengurangi kapasitas kandung kemihnya.

Selama kehamilanpun volume darah meningkat 30-50 persen selama kehamilan dan lebih banyak mengalir ke ginjal dan meningkatkan jumlah urine.

6. Peningkatan Produksi Air Liur
Di awal kehamilan akan mengamalami yang namanya medis ptyalism dimana kondisi ini ibu hamil akan merasa bahwa jumlah air liur anda melimpah yang disertai dengan mual dan muntah.

Cara ini adalah cara alami untuk menertralkan produksi asam lambung yang menyebabkan mulas pada kedua dan ketiga kehamilan.

7. Naiknya Suhu Tubuh
Setelah pembuahan maka suhu tubuh ibu hamil akan sedkit naik dan akan tetap seperti itu sampai menstruasi kembali. Suhu tubuh akan sedikit lebih naik dikarenakan produksi progestoron menaik. [health.detik.com]

Tags: #Hamil Muda #Hamil Sehat #Ibu Hamil