Ciri Hamil Muda yang Paling Menonjol

712 views

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa dirinya hamil bahkan ada yang masih kebingungan dan bertanya-tanya apakah dirinya hamil atau tidak.

Terutama bagi yang pertamakalinya. Dibawah inilah beberapa tandaorang hamil yang harus diketahui.

1. Menstruasi Menjadi Terhenti
Ciri orang hamil yang pertama yaitu berhentinya menstruasi , hal ini adalah ciri-ciri orang hamil yang sangat mudah diketahui.

Akan tetapi tidak semua yang terlambat datang bulan termasuk orang yang hamil karena peneybab tidak datang bulan juga karena kelelahan, berat badan berlebihan atau kurang, serta masalah hormon dll.

Namun orang yang hamil biasanya ditandai dengan mengalami perdarahan implasi atau timbulnya bercak darah berwarna coklat atau pink. Hal ini dikarenakan sel terlur melekat pada dinding rahim.

Hal ini biasnaya terjadi pada masa 6-12 setelah pembuahan. Seringkali perempuan menganggapnya menstruasi padahal sebenarnya ia sedang hamil.

Loading...

2. Perubahan Pada Payudara
Perubahan hormon yang dialami orang hamil akan berpengaruh pada perubahan payudara yang menjadi lebih besar, menjadi lebih sensetif, lebih berisi dan besar.

Serta terasa nyeri ketika disentuh juga puting payudara pun akan lebih menonjol dan lebih gelap.

Selain itu juga terdapat linea nigra yang berupa garis vertikal yang memanjang dari pusar hingga ke tulang kemaluan. Garis ini terlihat berwarna coklat dan akan semkin menggelap seiring bertambahnya usia.

3. Mual dan Muntah
Salah satu yaang biasa dikenal dengan istilah morning sickness menjadi salah satu ciri orang yang hamil.

Pada awal kehamilan seorang wanita yang hamil muda akan sering menjumpai gejala mundah dan mual terutama diapgi hari.

Biasanya hal ini terjadi sekitar minggu 2-8 kehamilan, juga disertai dengan lebih peka terhadap bau-bauan serta keinginanan terhadap makanan tertentu atau yang disebut dengan ngidam.

4. Sering Buang Air Kecil
Setelah embrio menempel dan tertanam pada dinding rahim, bagian dari plasenta embriao dan sinsitiotrofoblas akan memproduksi hormon peptida yang dikenal sebagai human chorionic gonadotrophin (hCG).

Sehingga adanya hormen tersebutlah yang menyabkan seorang hamil muda selalu buang air kecil.

Selanjutnya keinginan untuk selalu buang air kecil ini dipengaruhi oleh peningkatan volume darah serta rahim yang semakin membesar karena menekan kantong kemih.

5. Merasa Sangat Lelah
Orang yang hamil seringkali merasa lelah tapa sebab. Sering mengalami pusing dan sakit kepala, hal ini terjadi karena kadar homorn yang semakin meningkan sertah perubahan lainnya yaitu metabolisme tubuh, produksi darah dan detak jantung.

Biasnaya hal ini terjadi pada awal kehamilan namun juga bisa terjadi selama kehamilan. Maka penting bagi ibu hamil untuk banyak istirahat serta mengkonsumsi makanan yang sehat juga bergizi agar kondisi tubuh tetap sehat.

6. Suasana Hati Mudah Berubah
Pada awal kehamilan biasanya perempuan akan dibanjiri dengan produksi hormon sehingga kerap kali membuat wanita hami moodnya berubah-ubah, terkadang menjadi lebih emosi, mudah menangis dan mendadak cengengn.

Maka luangkan waktu bersama istri untuk sekedar menghiburnya atau melakukan hal yang membuat moodnya baik sehingga terhindar dari rasa stres.

7. Perut Kembung
Pada masa kehamilan maka hormon prgesteron semakin melonjak sehingga berdampak pada proesen pencernaan yang melambat sehingga kadar gas dalam usus meningkat.

Alhasil perut menjadi kembung serta sering buang angin. Bahkan tak jarang hal ini mmebuat wanita hamil muda terkena sembelit dan susah buang air besar.

Yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan masalah tersebut adalah dengan cara membatasi makanan dan minuman yang bisa memicu timbulnya gas asam lambung.

Serta perbanyak minum air putih serta aktiflah bergerak berolahraga agar ketika buang besar menjadi lancar.

Setiap wanita tidaklah sama dalam memiliki tanda-tanda kehamilan sehingga sulit untuk memastikan. Lebih segera lakukan tes kehamilan jika mengalami ciri-ciri kehamilan diatas.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Kehamilan

1. Istirahat cukup
Ibu hamil biasnaya akan merasa sering ngantuk, hal ini terjadi karena mengalami peningkatan hormon progesteron, terutama awal kehamilan maka akan sering mengalami rasa ngantuk lebih dari biasanya.

Usahakan hindari sesuatu yang berat dan melelahkan, jika termasuk wanita karir yang bekerja maka cukup mencermati jadwal kerja dengan cara tidur dimalam hari maka akan mengurangi rasa ngantuk disiang hari.

2. Mengkonsumsi makanan sehat
Ibu hamil hendaknya memperbanyak megkonsumsi makanan bergizi, sepert buah dan sayuran serta yang tinggi kalsium untuk mencegah osteoporosis.

Serta berbagai suplemen pelengkap lainny juga makanan tinggi seperti omega 3. Hindari makanan yang mengandung tinggi gula karena akan menyebabkan resiko diabetes serta makanan mentah juga wajib dihindari.

3. Jadwalkan kunjungan ke dokter
Periksa kehamilan secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin serta kesehatan ibu. Serta USG perlu dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang si janin.
[honestdocs.id]

loading...
loading...

Tags: #Awal Kehamilan