Dalam Hadits, 4 Kebaikan Ini Bisa Dikikis Oleh 4 Sifat Keburukan

975 views

Hasad adalah penyakit hati yang sifatnya kronis. Sangat sulit di sembuhkan jika sudah menjadi watak pada diri seseoang. Betapa besarnya bahaya sifat dengki atau hasad ini.

Dari saking bahayanya Hingga Aminah, saat mengandung Rasulullah, bermimpi didatangi seseorang dan kemudian orang itu berkata: “Bahwa sesungguhnya engkau sedang mengandung penghulu umat ini. Jika dia telah lahir ke bumi, maka ucapkanlah : ‘Aku berlindung kepada Allah Tuhan Yang Mahaesa dari keburukan semua pendengki, dan namakan dia Muhammad.”

Dari Kisah yang berupa mimpi ini menandakan bahwa sangat besar bahaya penyakit dengki atau hasad. Penyakit itu bisa mengikis habis dan merusak semua amal kebajikan seseorang.

Dalam kitab Minhaj Al Abidin Imam Al Ghazali, mengatakan panyakit hati berupa hasad atau dengki ini merupakan penyakit yang menarik untuk berbuat maksiat dan kejahatan. Sangat perbuatan maksiat atau kejahatan dilakukan atas dasar dengki dan hasad.

Hasad inilah yang juga membuat manusia menjadi serakah dan rakus. panyakit ini juga yang menumbuhkan benih keangkuhan pada hati manusia.

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : اَرْبَعَةٌ جَوَاهِرَ فِى جِسْمِ بَنِى آدَمَ يْزِيْلُهَا اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ : اَمَّا الْجَوَاهِرُ فَالْعَقْلُ وَالدِّيْنُ وَالْحَيَاءُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ فَالْغَضَبُ يُزِيْلُ الْعَقْلَ وْالْحَسَدُ يُزِيْلُ الدِّيْنَ وَالطَّمَعَ يُزِيْلُ الْحَيَاءَ وَالْغِيْبَةُ تُزِيْلُ الْعَمَلَ الصَّالِحَ .

Rasulullah saw bersabda: “Ada empat pemata dalam tubuh manusia yang dapat hilang sebab empat hal. Empat permata itu ialah: 1) akal, 2) agama, 3) sifat malu, 4) amal saleh. Marah (ghadlab) dapat menghilangkan akal, iri dan dengki (hasud) akan menghilangkan agama. Serakah (thama’) akan menghilangkan sifat malu, dan menggunjing (ghibah) akan menghilangkan amal saleh.”

Loading...

Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa, akal manusia dapat hilang dan tumpul sebab dari kemarahan. Agama bisa hilang sebab dari sifat dengki dan hasad. Serakah dan tamak akan menghilangkan sifat malu pada manusia. Sedangkan ghibah dapat membakar amal soleh yang telah diperbuat manusia.

Tags: #Amal Kebaikan #Amal Keburukan #Watak manusia