Dalam Hadits 5 Keutamaan Shalat Sunnah

1028 views

Shalat sunnah adalah solat selain solat fardu. Shalat sunnah sangat perlu kita dan rutin kita kerjakan. Jangan sampai kita lalai mengerjakan solat sunnah sebab shalat sunah, dapat menutupi kekurangan daripada shalat fardu.

Ada banyak keutamaan dari shalat sunnah. Setidaknya ada 5 keutamaan yang disebutkan dalam hadits:

Pertama, Pelengkap Kekurangan Shalat Fardu
Shalat Sunnah dapat menutupi kekurangan Shalat fardhu. Karena shlat fardu yang kita kerjakan tidak mungkin sempurna 100 persen maka di lengkapi oleh shalat sunnah.

Hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah shalat. Allah ‘azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada shalat hamba-Ku.
Apakah shalatnya sempurna ataukah tidak? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam shalatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman:
Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.”
Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud no. 864, Ibnu Majah no. 1426 dan Ahmad 2: 425. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Kedua, Penghapus Dosa dan Meninggikan Derajat
Shalat sunnah dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat orang yang mengerjakannya. Rasulullah SAW bersabda,

Loading...

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat). Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR. Muslim, No. 488)

Ketiga, Dekat Dengan Nabi di Suraga
Orang yang senantiasa langkekng melaksanakan Shalat sunnah Akan dekat dengan Rasul di Surga.

Dari Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami radhiyallahu’anhu, beliau berkata, “Aku pernah bermalam bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku menyiapkan air wudhu` dan keperluan beliau.
Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, ‘Mintalah sesuatu!’ Maka sayapun menjawab, ‘Aku meminta kepadamu agar memberi petunjuk kepadaku tentang sebab-sebab agar aku bisa menemanimu di Surga’.
Beliau menjawab, ‘Ada lagi selain itu?’. ‘Itu saja cukup ya Rasulullah’, jawabku. Maka Rasulullah bersabda, ‘Jika demikian, bantulah aku atas dirimu (untuk mewujudkan permintaanmu) dengan memperbanyak sujud (dalam shalat)‘” (HR. Muslim, no. 489).

Keempat, Baiknya Amalan
Shalat merupakan sebaik-baiknya amalan. Bahkan pertama amal yang dihisab kelak adalah shalat.

Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah shalat.
Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah no. 277 dan Ahmad 5: 276. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Kelima, Berkah
Shalat Sunnah akan menghasilkan sebuah keberkahan. Orang yang Shalat sunnah hidupnya akan berkah.

Dari Jabir radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika salah seorang di antara kalian telah menunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah shalat bagi rumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melalui shalatnya.” (HR. Muslim)

Tags: #Pelengkap Solat #Solat Rawatib #Solat Sunnah