Dalam Hadits Ada 3 Hal yang Akan Membuat Pandangan Menjadi Cerah

95 views

 

ثلاثة يجلين البصر : النظر إلى الخضرة ، وإلى الماء الجاري ، وإلى الوجه الحسن

“Terdapat tiga perkara yang membuat pandangan terang (yaitu) memandang hehijauan, air yang mengalir, dan wajah yang bagus.”

Rasulullah SAW d

Dalam hadits di atas Nabi menerangkan  bahwa ada tiga hal yang membuat pandangan menjadi  terang. Pertama melihat pemandangan alam yang hijau, kedua melihat air mengalir, dan ketiga menatap wajah-wajah rupawan.

Loading...

Akan tetapi mengenai hadits diatas masih terdapat pro dan kontra. Menurut Imam As-Sakhawi dalam Kitab Al-Maqashid Al-Hasanah fi Bayan Katsir min Al-Ahadits Al-Musytahirah ‘Ala Al-Alsinah,

mengatakan hadits ini  diriwayatkan antara lain oleh Imam Al-Hakim dan Ad-Dailami dari Abdullah bin Abd Al-Wahab Al-Khawarizmi, secara marfu’ hingga Ali bin Abu Thalib.

Dan Abu Nu’aim menilai terdapat sebuah cacat (nakarah) yang menjadi ke-dhaif-an riwayat dalam hadits ini. Walaupun dalam kitabnya lain dia menghukumi derajat hadits ini adalah marfu’ dari riwayat Aisyah RA.

Sedankan Abu Al-Bukhtari menghukumi hadits ini adalah palsu.

Dan Imam As-Sakhawi dalam kitabnya juga menyodorkan riwayat-riwayat lain yang marfu’ dari hadits ini.

Yaitu riwayat Ibnu Abbas dan Jabir bin Abdullah. Adapun Abu Al-Hasan Al-Iraqi hanya menghukumi dhaif, dari Buraidah.

Dalam kitab Ghidza Al-Albab fi Syarh Mandhumat Al-Adab, Imam As-Safaraini Al-Hanbali, menuturkan bahwa sebagian ulama memahami hadits ini secara tekstual.

Dapat kita simpulakan bahwa, “Ada tiga hal yang menjadikan terangnya pandangan yaitu pertama melihat objek hijau, kedua, melihat air yang mengalir, dan ketiga melihat wajah yang bagus”.

Tags: #Air Mengalir #Pandangan Mata' #Panorama Alam