Dalam Hadits, Ibu yang Mendidik Anaknya Dengan Baik Akan Dapat Jaminan Surga

Dalam sebuah keluarga ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Ibu harus baik dalam mendidik anak-anaknya agar anaknya kelak juga menjadi orang yan baik.

Ibu yang solehah pasti akan mendidik anaknya menjadi orang yang soleh solehah. Mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang dan cinta pada mereka.

Tapi akhir-akhir ini banyak fakta yang mengabarkan tentang kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini disebabkan kasih sayang, cinta, kehangatan, telah hilang dari lingkungan keluarga.

Rasulullah SAW mengajarkan, dalam kondisi seperti apa pun, cinta dan kasih sayang harus ditumbuhkan di dalam keluarga.
Kondisi krisis jangan menjadi alasan akan hilangnya cinta, kasih sayang, dan kehangatan di dalam keluarga.

عن عائشةَ رضي اللَّهُ عنها قَالَتْ: جَاءَتني مِسْكِينَةٌ تَحْمِل ابْنَتَيْن لَهَا، فَأَطعمتُهَا ثَلاثَ تَمْرَاتٍ، فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً، وَرَفَعَتْ إِلى فِيها تَمْرةً لتَأكُلهَا، فَاسْتَطعَمَتهَا ابْنَتَاهَا، فَشَقَّت التَّمْرَةَ الَّتي كَانَتْ تُريدُ أَنْ تأْكُلهَا بيْنهُمَا، فأَعْجبني شَأْنها، فَذَكرْتُ الَّذي صنعَتْ لرسولِ اللَّه فَقَالَ: إنَّ اللَّه قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الجنَّةَ، أَو أَعْتقَها بِهَا من النَّارِ

Aisyah mengisahkan, ”Suatu kali seorang perempuan miskin mendatangiku dan ia membawa dua anak perempuannya yang masih kecil. Aku memberinya tiga buah kurma. Ia memberikan dua butir kepada dua anaknya. Niatnya, ia akan memakan sisanya. Tetapi, kedua anaknya berebut sisa kurma yang masih di tangannya, sehingga kurma itu jatuh.
Perempuan itu, akhirnya, tidak makan sebutir pun. Aku melaporkan kejadian ini kepada Rasulullah, dan beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang mendapat cobaan dan menderita karena mengurus anak-anaknya, kemudian ia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anaknya akan menjadi penghalang baginya dari jilatan api neraka’.” (HR Bukhari, Muslim, dan Turmudzi).

Hadits di atas dapat di ambil kandungannya bahwa dalam kondisi krisis pun, rasa kasih sayang pada anak, tanggung jawab untuk melindungi anak, adalah kewajiban bagi orangtua. Allah akan memberi anugerah yang besar bagi orangtua mengabdikan dirinya dan ikhlas dalam menjaga keluarganya.

Loading...

Sebagai anak, anak juga harus menunjukkan baktinya, kasih sayangnya, kepada orang tua terutama ibu mengasuh mulai dari mengandung sampai merawat menjadi orang besar.

Tags: #Anak Solehah #Ibu Solehah #Keluarga Baik