Dalam Hadits Ini 10 Sahabat Nabi SAW yang Dijamin Masuk Surga

578 views

Banyak sahabat nabi yang dijamin  masuk surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan bahwa sahabat-sahabat itu akan menemani beliau kelak di Surga-Nya.

Yang unik adalah, ketika kita menelisik kehidupan sahabat-sahabat nabi yang telah dijamin masuk Surga. Para sahabat Mereka tidak serta merta bersantai dan berpangku tangan menunggu ajal dan kemudian masuk Surga.

Pada kenyataannya Mereka adalah orang-orang yang paling takut kepada Allah, dan paling banyak bersyukur atas semua karunia yang Allah berikan. Begitu juga Utsman bin Affan.

Pada Suatu hari Utsman sedang berdiri di pemakaman. Sahabat Nabi itu menangis hingga air matanya membasahi janggutnya.

Saat ditanya, “Jika disebutkan Surga dan Neraka engkau tidak menangis, Namu mengapa jika mengingat kubur engkau malah menangis wahai Utsman?”

Lantas Utsman menjawab yang masih meneteskan air matanya, “Aku ingat bahwa Rasulullah pernah bersabda, ‘Sesungguhnya kubur adalah persinggahan pertama di alam akhirat.

Loading...

Jika seseorang selamat dari (fitnah) kubur, maka selanjutnya akan lebih mudah. Dan jika dia tidak selamat, maka selanjutnya akan lebih sulit baginya.’” (Hasan; Sunan Ibnu Majah [4267] dinyatakan shahih oleh Ahmad Syakir)

Dan Ada sepuluh sahabat Rasulullah yang dijamin masuk ke dalam Surga Allah. Dalam hadits Nama-nama mereka disebut dalam hadits shahih berikut ini:

 

عن عبد الرحمن بن عوف قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أبو بكر في الجنة وعمر في الجنة وعثمان في الجنة وعلي في الجنة وطلحة في الجنة والزبير في الجنة وعبد الرحمن بن عوف في الجنة وسعد في الجنة وسعيد في الجنة وأبو عبيدة بن الجراح في الجنة

“Dari Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Abu Bakr di Surga, Umar di Surga, Utsman di Surga, Ali di Surga, Thalhah di Surga, Az Zubair di Surga, Abdurrahman bin ‘Auf di Surga, Sa’d di Surga, Sa’id di Surga, dan Abu Ubaidah ibn Jarrah di Surga.” [HR At Tirmidzi (3747), hadits shahih.]

Para Sahabat sudah dijamin masuk surga masih saja rajin dan tekun dalam menjalankan ibadah pada Allah dan tetap istiqomah. Kita Harus meniru mereka agar juga menadapatkan surga.

Tags: #Masuk Surga #Nikmat Surga #Sashabat nabi