Dalil Sholat Dhuha 4 Rakaat Sekaligus Atau Satu Salam

2094 views

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Rasulullah menganjurkan kita sebagai umat islam untuk melaksanakan shalat sunnah dhuha sebanyak 2 rakaat atau 4 rakaat.

Namun yang menjadi pertaannya adalah pernahkah Rasulullah SAW melakukan shalat sholat dhuha 4 rakaat dengan satu salam?

Jawabannya Adalah:

Jika yang ditanyakan apakah Rasulullah pernah melakukan shalat dhuha sebanyak 4 rakaat sekali salam, maka sejauh ini penelitian belum menemukan riwayat yang menjelaskan tentang hal tersebut dengan lengkap.

Meski disebagian kitab fiqih ada yang menyebutkan bahwa hal tersebut pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Yang ditemukan hanyalah hadits yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu melaksanakan shalat dhuha 4 rakaat tersebut bahkan beliau menambahkan rakaat sesuka hati beliau.

Loading...

Dari Ibunda Aisyah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya (no. 719) ,

“Mungkin saja beliau melakukannya sekaligus dengan sekali tasyahhud dan sekali salam, atau dengan dua kali kali salam tiap 2 rakaat, atau dengan dua kali tasyahhud dan sekali salam”.

Bagaimanapun caranya, sah-sah saja melakukan shalat tersebut, sebagaimana yang dijelaskan oleh Asy Syarwani (ulama madzhab Syafi’i) dalam Haasyiyah-nya, ketika membahas shalat dhuha sebagai berikut:

ويجوز فعل الثمان بسلام واحد، وينبغي جواز الاقتصار على تشهد واحد في الأخيرة، وجواز تشهد في كل شفع من ركعتين أو أربع.

Diperbolehkan melakukannya sebanyak 8 rakaat dengan sekali salam. Dan mestinya boleh juga melakukannya sebanyak 4 rokaat dengan sekali tasyahhud saja di akhir shalat, atau dengan bertasyahhud di setiap 2 atau 4 rokaat. [bimbinganislam.com]

Tags: #Anjuran Shalat Dhuha #Shalat Dhuha #Shalat Sunnah