Dampak Bagi Bayi Ketika Ibu Menyusui Saat Berpuasa

423 views

Umat Islam wajib menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Akan tetapi bagaimana jika dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan dan harus menyusia anaknya? Apakah puasanya bisa mempengaruhi kualitas Asinya, lantas bagaimana kondisi sang bayi ketika ibunya menahan lapar dan haus seharian penuh?

1. Produksi ASI Menurun
Ketika sang ibu berpuasa tentu cairan tersebut akan menurun dari biasanya. Penurunan jumlah produksi ASI yang drastis bisa mengalami dehidrasi. Sehingga ia harus tetap memenuhi kebutuhan cairan minumal harus minum 10 gelas perhatinya.

2. Nutrisi ASI Berubah
Selama berpuasa, perubahan nutrisi ASI sangat signifikan. Meskipun tidak berpengaruh pada pertumbuhan bayi namun kadar nutrisi yang ada didalam ASI menurun.

3. Dampak Pada Bayi
Peneliti menungkapkan, tidak ada perbuahan yang signifikan pada bayi meskipun ibunya berpuasa. Hanya saja terjadi perbuahan bagi sang bayi ketika biasanya akan menyusu seperti biasa, akan tetapi kedepannya akan menyusu lebih sering lagi.

4. Dampak Pada Ibu
Jika sang ibu berpuasa dalam keasaan sehat maka tidak akan terganggu, hanya saja perlu menambah asupan cairan dan hal ini harus dilakukan ketika baru mulai puasa, mengurangi aktivitas juga jangan kepanasan. [genpi.co]

Tags: #Ibu Menyusui #Ibu Menyusui Berpuasa #Menyusui Bayi