Dampak Positif Membasuh Kedua Tangan Saat Wudhu’ Pada Kesehatan

1129 views

Sebagai umat Islam kita harus melaksanakan kewajiban yang salah satunya adalah shalat wajib lima waktu. Sebelum shalat kita wajib berwudhu’ yang menjadi salah satau syarat sahnya shalat.

Kita harus memperhatikan kesempurnaan wudhu’ karena sholat kita tidak akan diterima jika wudhu’ kita tidak sah. Nabi besabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ االلهِ صَلَّى االلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَقْبَلُ االلهُ صَلَاةَ أَحَدِآُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

“Diriwayatkan dari Abi Hurairah, ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: ‘Allah tidak menerima salat salah seorang di antara kalian apabila ia berhadats (tidak mempunyai wuhdu) sampai dia berwudhu’.” (HR. Abu Daud)

Tentu ada alasan tersendiri kenapa kita harus mensucikan diri dengan berwudhu sebelum melaksanakan shalat.

Ajaran Islam itu pasti memiliki maksud dan tujuan kenapa ditetapkan (wudhu’). Tidak mungkin Allah menetapkan jika tanpa ada maksud, tujuan, dan hikmahnya.

Ternyata membasuh kedua tangan saat berwudhu’ itu bisa memberi pengaruh positif pada kesehatan manusia.

Loading...

Dalam buku Mukjizat Berwudhu karya Oan Hasanuddin menyebutkan, pada telapak tangan terdapat titik akupunktur pokok dan titik-titik sentra refleks.

Yang ketika dibasuh dan digosok (untuk membersihkan) akan membuat kepala dan pikiran jadi segar.

Selain itu, ternyata di tangan manusia juga ada kekuatan yang bisa menghasilakn biolistrik yang sangat panas.

Dengan diwajibkan wudhu’ sebelum shalat maka mengaktifkan biolistrik serta membuang sampah biolistrik yang ada di dalam tubuh manusia.

Dampak lain dari wudhu’ saat membasuh tangan dan menyela jari-jari bermanfaat untuk mencerahkan pikiran yang akan berdampak positif kepada kesehatan mental dan emosional. [bincangsyariah.com]

Tags: #Berwudhu #Manfaat #Membasuh Tangan